Yuk Simak Ide Marketing Lucu dan Unik untuk Mendongkrak Bisnis

Marketing merupakan salah satu hal terpenting dalam dunia bisnis karena diperlukan untuk meningkarkat penjualan produk. Oleh karena itu, diperlukan orang kreatif yang mampu mempersuasi calon pelanggan dan memiliki ide kreatif untuk memasarkan produk yang tersedia. Promosi merupakan senjata yang cukup ampuh untuk mempertahankan bisnis tetap stabil. Yuk simak ulasan mengenai ide marketing lucu dan unik berikut untuk mempertahankan bisnis.

Lima Strategi Pemasaran Lucu dan Unik yang Patut Ditiru

1. Melakukan Kreasi dengan Merk yang Ada

Suatu bisnis terkadang menyediakan produk dengan jenis dan kualitas yang sama dengan beberapa kompetitornya. Diperlukan ide strategi pemasaran yang tepat untuk menjadikan produk tersebut unik daripada lainnya. Produk yang ditawarkan dapat digabungkan dengan hal hal yang menarik atau mengadopsi dari brand terkenal, seperti Bakso BCA ‘Bakso Ceker Ayam’ atau memberikan penamaan gradasi setan untuk level kepedasan makanan.

Marketing Lucu yang satu ini

2. Mendesign Kemasan Sebuah Produk Menjadi Lebih Menarik

Menyediakan produk dengan berbagai ukuran, warna, dan harga yang berbeda, tetapi tetap menjaga kualitas produknya sama sehingga produk yang ditawarkan akan lebih beragam. Untuk produk pakaian dapat disertai ukuran yang berbeda, seperti S, M, L, dan XL hingga ukuran big size. Tidak lupa untuk mengusung warna yang sedang trend, seperti warna army yang pada tahun 2019 sangat booming sehingga banyak barang dengan warna tersebut.

Kemasan produk juga perlu diperhatikan. Terkadang seseorang melupakan untuk mendesign kemasan sebuah produk dengan warna dan model yang menarik. Produk yang bagus akan semakin menarik jika disertai design pembungkus yang menarik. Design yang digunakan bisa simple dengan mengusung logo dan warna yang dapat dijadikan ciri khas sebuah brand. Selain itu, dapat juga mengusung konsep go green sehingga kemasan produk dapat digunakan kembali oleh pelanggan.

3. Produk yang Ditawarkan Disertai dengan Image yang Spesial

Pebisnis yang akan merintis usahanya dari nol dapat sedikit meniru beberapa brand yang sudah terkenal yang telah menspesialkan produknya dengan sesuatu hal. Orang lain yang melihat sesuatu hal tersebut dapat langsung merujuk ke produk terkait, seperti kacang yang disertai dengan image partner nonton bola, minuman berenergi yang harus dikonsumsi setelah berolahraga, kerudung untuk wanita dengan model kekinian, dan lainnya. Spesialisasi produk seperti ini dapat dituru.

4. Memberikan Hadiah Langsung atau Promo

Pemberian hadiah atau promo dalam sebuah penjualan tentu sudah tidak asing lagi bagi pembaca. Pebisni dapat mencoba ide kreatif ini dengan memberikan hadiah tersembunyi dalam produk yang dijual sehingga pelanggan akan merasa senang. Selain itu, dapat memberikan potongan gambar atau kata yang menciptakan rasa penasaran sehingga pelanggan terus mengumpulkan potongan tersebut untuk ditukarkan hadiah. Promo dapat diberikan dalam tenggat waktu atau momen spesial.

Ide Marketing Lucu dan Unik ini Memberikan Hadiah Langsung atau Promo

5. Promosi melalui Media Online

Kemajuan teknologi yang ada mempermudah pebisnis untuk mempromosikan produknya secara online melalui berbagai platform yang tersedia atau website. Mempromosikan produk secara online dinilai lebih murah dan mudah, serta dapat mendatangkan pelanggan lebih cepat karena informasi tersebar lebih cepat. Selain itu, dapat pula melakukan endorse atau kerja sama dengan beberapa influencer sehingga dapat mempersuasi pengikut-pengikutnya.

Berbisnis di zaman yang canggih dengan kemajuan teknologi seperti saat ini menjadikan pebisnis lebih mudah melebarkan sayap bisnisnya. Akan tetapi, kemajuan teknologi ini juga mengharuskan seseorang lebih kreatif dalam mempromosikan produknya. Jika tidak ingin produkya tenggelam, pebisnis dituntut untuk selalu mengeluarkan ide ide kreatif pemasarannya. Sudah siapkah menerapkan strategi pemasaran tersebut untuk menaikkan penjualnmu?

Leave a Reply