Yuk Simak Cara Mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan Yang Mudah Dan Cepat

Jika anda menginginkan untuk memulai usaha perdagangan anda harus memiliki sebuah ijin usaha yang harus didaftarkan. Hal ini untuk mendapatkan izin negara dalam melakukan sebuah usaha. Izin untuk menjalankan sebuah usaha ini dinamakan dengan Izin Usaha Perdagangan. SIUP ini merupakan salah satu dokumen penting untuk perseorangan ataupun badan usaha untuk mendirikan usaha yang legal. Nah yuk simak cara mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan berikut.

Tata Cara Mengurus SIUP

1. Mengambil Formulir Pendaftaran

Untuk bisa memiliki SIUP anda harus mendatangi langsung kantor dinas perdagangan atau kantor pelayanan perizinan setempat. Dengan mendatangi kantor ini anda akan mendapatkan formulir pedaftaran yang harus anda isi terlebih dahulu. Jika anda sudah cukup sibuk anda bisa menggunakan orang yang anda beri kuasa untuk bisa mengambilkan formulir pendaftaran dan tentunya melakukan pendaftaran SIUP perusahaan anda.

Yuk Simak Cara Mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan Yang Mudah Dan Cepat itu

2. Melengkapi Administrasi

Sebelum nada mengurus pembuatan SIUP, anda harus memperhatikan terlebih dahulu dokumen dokumen penting yang harus ada. Dokumen ini penting sebagai syarat administrasi dalam pembuatan SIUP. Ada banyak sekali dokumen yang harus anda lengkapi. Seperti untuk perseroan terbatas anda akan membutuhkan KTP penanggung jawab perusahaan, Fotokopi KK penangugung jAwab, NPWP, Surat keterangan Domisisli atau SITU, Surat Izin Gangguan dan lain sebagainya.

Semnetara berbeda jika anda ingin meminta izin untuk mendirikan koperasi. Berkas yang harus anda siapkan adalah fotokopi NPWP, neraca koperasi, daftar susunan pengurus, fotokpi SITU dari pemerintah, Fotokopi akta Pendirian Koperasi yang telah disahkan instansi berwenang, pas foto drektur dan dokumen lainya. Apabila anda tidak memiliki kelengkapan administrasi, anda tidak bisa melanjutkan proses pembuatan SIUP.

3. Mengisi Surat Pendaftaran

Setelah anda mengambil formulir Surat Izin Usaha Perdagangan dengan benar, anda bisa mengisinya sesuai dengan kelengkapan data yang sudah anda miliki. Setelah anda isi dengan format yang benar, anda bisa membubuhkan materai 6000 pada bagian pemilik/direktur utama/penanggung jawab perusahaan. Formulir yang sudah diisi dengan lengkap kemudian di fotokopi sebanyak dua rangkap.

Setelah itu gabungkan fotokopi formulir dengan berkas persyaratan adminitrasi. Jika anda ingin menggunakan orang lain untuk mengurusnya, anda bisa melampirkan surat kuasa yang sudah bermaterai. Jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan asli oleh sangapemilik/direktur utama/penanggung jawab perusahaan.

4. Membayar Tarif SIUP

Setelah anda memiliki berkas administrasi yang sah, anda bisa melakukan pembayaran untuk pembuatan SIUP tersebut. Tarif bayar untuk pembuatan SIUP ini pun berbeda di setiap kota madaya/ kabupaten. Untuk harga pembayayaran SIUP ini sudah diatur dalam peraturan daerah masing masing wilayah. Jika wilayahnya adalah daerah industri biasanya akan dikenakana biaya yang sedikit besar.

Yuk Simak Cara Mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan Yang Mudah Dan Cepat ini

5. Pengambilan SIUP

Setelah anda berhasil membayar tarif pembuatan SIUP, anda harus menunggu sekitar dua minggu lamanya untuk bisa mengambil SIUP yang sudah jadi. Setelah SIUP anda sudah jadi, anda akan dihubungi oleh tempat mengurus SIUP tersebut. Ketika sudah mendapatkan pemberitahuan SIUP sudah jadi, anda harus segera mengambilnya agar bisa memulai bisnis anda sesegera mungkin.

Ada banyak sekali berkas berkas yang harus anda persiapkan untuk bisa mengurus izin perdagangan anda. Seluruh berkas ini memang sangat dibutuhkan demi kelancaran bisnis anda. Jika perusahaan atau bisnis anda illegal tentunya akan mendapat msalah di kemudian hari. Anda harus segera mengurus untuk membuat SIUP begitu memutuskan untuk memulai bisnis anda sendiri. Dengan memiliki SIUP anda bisa mewujudkan bisnis anda dengan aman.

Leave a Reply