Video (Parents), Ini Tips Sederhana Membersihkan Lidah Bayi

Membersihkan lidah bayi memang bukan aktivitas yang mudah mengingat bayi akan rewel ketika lidahnya dibersihkan. Akan tetapi sesulit apapun aktivitas ini, kalau bisa ibu yang punya bayi harus selalu intens membersihkan lidah si kecil karena ada banyak manfaat yang bisa didapatkan.
Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari membersihkan lidah si kecil diantaranya mengurangi bakteri dan kuman yang beresiko hidup di mulut bayi, membersihkan sisa ASI, melatih bayi rajin menggosok gigi ketika sudah dewasa.
Dengan banyaknya manfaat tersebut oleh sebab itu membersihkan lidah pada bayi sangat diperlukan. Berikut tips untuk membersihkannya!
Tips Sederhana Membersihkan Lidah Bayi
Mungkin tidak bisa cepat dan butuh waktu lama serta kesabaran dan ketelatenan ketika harus membersihkan lidah si kecil. Bunda juga harus ekstra pintar membuat bayi mau membuka mulutnya lebar – lebar ketika dibersihkan. Beberapa tips yang bunda bisa terapkan untuk membersihkan area lidah si kecil sebagai berikut :
Pertama – tama yang bunda harus lakukan adalah bersihkan tangan terlebih dahulu.
Bunda dapat membersihkan tangan dengan menggunakan air yang mengalir dan cuci tangan dengan sabun sebelum membersihkan lidah bayi. Jangan sampai bakteri di tangan bunda berpindah ke mulut atau lidah bayi karena dampaknya sangat tidak baik terhadap kesehatan gigi dan mulut bayi
Jika sudah membersihkan tangan dengan air mengalir dan sabun, siapkan satu mangkuk air matang dengan suhu hangat
Siapkan juga kain kasa untuk dililitkan pada jari telunjuk dan kemudian basahi dengan air matang yang telah Anda siapkan.
Letakkan bayi pada pangkuan dengan posisi seperti akan menyusui.
Jika bayi enggan membuka mulutnya, sentuhkan jari Anda di bibirnya. Cara ini biasanya dapat membuat bayi membuka mulut karena ia mengira akan disusui. Akan tetapi jika si kecil tidak juga mengatupkan mulutnya, tetaplah bersabar dan cobalah terus sampai ia mau membuka mulutnya.
Nah, jika mulut si kecil sudah mulai terbuka secara perlahan cobalah Anda memasukkan jari yang telah Anda lilit dengan kain kasa tadi ke dalam mulut si kecil.
Setelah berada di dalam mulut, seka lidah bayi dengan gerakan lembut dan dengan arah memutar.
Selain lidah, bagian mulut bayi yang juga perlu dibersihkan adalah gigi dan juga gusinya. Tidak perlu menggunakan sikat gigi, caranya masih sama dengan cara membersihkan lidah bayi. Anda bisa memanfaatkan kain kasa.
Atau Anda bisa beli karet pembersih gigi dan gusi yang sekarang bisa Anda beli di toko perlengkapan bayi. Dengan begitu kebersihan mulut bayi akan terjaga sempurna. Karet pembersih gigi dan gusi pun bisa Anda beli dengan harga mulai dari 10 ribu rupiah saja.
Pembersihan lidah, gigi dan gusi sebaiknya dilakukan secara teratur atau rutin agar mulut bayi bersih maksimal. Dianjurkan agar bunda bisa membersihkan lidah si kecil dengan telaten karena memang cukup sulit. Namun jika memang kerepotan, bunda bisa membersihkan lidah si kecil dengan cara di atas paling tidak dua hari sekali atau tiga hari sekali. Dengan begitu kebersihan dan kesehatan mulut si kecil akan terjaga.
Itulah tata cara yang bisa dilakukan bunda untuk membersihkan lidah bayi yang tepat. Semoga informasi yang kami berikan di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply