Update iOS Terbaru, Yuk Simak Ragam Fitur yang Bisa Dicoba

Perusahaan Apple resmi merilis iOS 13 pada bulan Juni lalu. Saat ini, IOS terbaru sudah dapat diunduh oleh pengguna perangkat iPod Touch dan iPhone. Merupakan pembaharuan dari iOS sebelumnya, iOS 13 menunjukkan performa yang lebih meningkat bagi dari segi fitur maupun tampilan. Jika anda sudah melakukan update iOS13, berikut ini fitur yang disediakan iOS 13.

Fitur Baru yang Ada di iOS 13

1. Mode Tampilan Gelap

Salah satu fitur terbaru yang ada pada iOS ini yaitu adanya mode tampilan gelap atau dark mode. Padahal sebelumnya, sistem operasi yang dipakai oleh Apple hanya mendukung tampilan Light. Dark mode tersebut bisa merubah warna latar belakang yang cerah menjadi lebih gelap. Fungsi ini adalah untuk menghemat baterai perangkat iPhone yang menggunakan layar OLED. Fitur ini dapat dipilih melalui Settings-Display pada perangkat iPhone.

2. Fitur Potrait Lightning pada Camera

Ingin mendapatkan hasil gambar dengan efek bokeh atau Depth of Field? Anda bisa menggunakan fitur potrait lightning pada menu camera. Mode ini bisa membuat gambar yang dihasilkan tidak jauh kualitasnya dengan kamera DSLR. Tidak hanya efek bokeh saja, anda juga bisa menghasilkan gambar potrait dengan tampilan monokromatik menggunakan efek High-Key Mono yang ada di mode potrait Lightning.

Update iOS Terbaru, Yuk Simak Ragam Fitur yang Bisa Dicoba ini

3. Fitur Photos di iOS 13

Salah satu keunggulan iOS terbaru adalah fitur untuk mengelola file foto dan edit gambar yang lebih lengkap. Pengguna bisa mengurutkan file foto berdasarkan waktu pengambilan seperti tahun, bulan, dan hari. Tab photos juga tampil lebih segar dan rapi. Mode edit yang lebih lengkap sangat membantu anda yang menyukai bidang fotografi. Meskipun hasil jepretan gambar berasal dari kamera digital, pengguna tetap dapat melakukan edit RAW.

4. Gaming Controller

Bagi pengguna iPhone yang menyukai game, ada fitur terbaru pada iOS 13 yang dapat menjadikan suasana game lebih seru. Dengan menggunakan fitur Gaming Controller dari PS4 atau XBOX One, anda bisa bermain berbagai macam game. Fitur ini menggunakan mode koneksi pairing dengan bluetoot. Anda juga bisa menghubungkan perangkat iOS 13 dengan mouse atau akses tombol fungsi tambahan yang sudah disediakan.

5. Safari Download Manager

Bagi anda yang suka mengunduh beragam file di sosmed, anda bisa menggunakan fitur safari download manager. Dokumen yang sudah diunduh langsung terintegrasi ke aplikasi files. Tidak hanya itu, Apple juga melakukan peningkatan pada aplikasi file manager dengan adanya mode Share Folder di iCloud Drive serta akses dokumen melalui SD card maupun USB Flash Drive yang dilengkapi dengan beberapa aksesoris pendukung.

6. Sign In With Apple

Selain 5 fitur di atas, iOS 13 juga memiliki fitur terbaru untuk masalah Privacy. Ketika terhubung dengan sebuah layanan, mode Sign In With Apple dapat menjaga data privasi pengguna. Jika pengguna membuat akun baru di sosial media, maka mode ini dapat menjamin keamanan data pengguna perangkat Apple. Sistem kerja mode ini adalah, sistem iOS akan memberikan random ID kepada pengguna yang akan mendaftar pada layanan yang mendukung mode Sign In With Apple.

Random ID yang diberikan telah terhubung dengan Apple ID sehingga keamanan lebih terjamin. Jika sudah menggunakan mode ini, maka penyedia layanan tidak dapat mengetahui data pribadi seperti nama, email dan data yang lain. Selain itu ada mode Location Service yang dapat mengatur opsi akses catatan lokasi kepada aplikasi pihak ketiga.

Nah, itulah beberapa fitur tambahan yang ada pada iOS 13. Bagi anda yang belum melakukan update iOS, sebaiknya mengupdatenya terlebih dahulu agar bisa menikmati berbagai fitur baru yang disediakan oleh Apple. Untuk melakukan update iOSsangat mudah, anda bisa menggunakan OTA Updates atau iTunes di PC. Namun sebelum mengupdate, pastikan dulu bahwa perangkat anda memiliki penyimpanan ruangan kosong sekitar 4 GB.

Leave a Reply