Tak Hanya Listrik Gratis, Berikut 5 Bantuan Pemerintah Selama Pandemi Covid 19

Pandemi Covid yang berlangsung cukup lama sangat berdampak pada kondisi perekonomian masyarakat Indonesia. Apalagi beberapa bulan belakangan banyak pekerja yang terpaksa dipulangkan oleh perusahaan. Sedangkan kebutuhan sehari hari selama masa pandemi tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, sehingga masyarakat harus memutar otak. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah memberikan beberapa bantuan sebagai berikut.

Program Pemerintah untuk Membantu Masyarakat Selama Masa Pendemi Corona

1. Listrik Gratis

Salah satu program pemerintah yang memang dicanangkan selama masa pendemi adalah listrik gratis. Namun, perlu diketahui jika program ini tidak diperuntukkan kepada semua kalangan, melainkan untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi. Untuk pelanggan 45 VA gratis biaya tagihan listrik hingga bulan September. Sedangkan untuk pelanggan 900 VA hanya dibebankan tagihan listrik lima puluh persen saja dari total tagihan satu bulan.

jokowi Bantuan Pemerintah Selama Pandemi

2. Kartu Pra Kerja

Selain listrik gratis, pemerintah juga membuat program yang dikhususkan untuk masyarakat yang terkena dampak Covid, yaitu kartu pra kerja. Sebelumnya, program ini merupakan program yang diperuntukkan untuk membantu pembiayaan pelatihan bagi angkatan kerja. Namun, pelaksanaannya sendiri baru berlangsung selama masa pandemi sehingga lebih dikhususkan bagi yang terdampak secara langsung.

Meskipun prioritasnya adalah para pengangguran yang dipulangkan oleh perusahaan, namun program ini juga bisa diikuti oleh mereka yang masih bekerja. Mengingat tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan keahlian masyarakat agar lebih siap menghadapi dunia kerja. Adapun syarat untuk mengikuti program ini, antara lain WNI yang berusia 18 tahun ke atas, dan tidak sedang menempuh pendidikan baik tingkat sekolah maupun perguruan tinggi.

3. Dana Sosial Tunai

Bantuan pemerintah yang ketiga adalah dana sosial tunai yang diberikan kepada masyarakat yang terkena dampak pendemi. Dana yang diberikan tersebut merupakan salah satu program milik Kementerian Sosial. Untuk mendapatkan dana tersebut, maka pemerintah daerah diberikan wewenang untuk mengajukan permohonan. Namun, sebelumnya data yang diberikan oleh pemerintah daerah akan diverifikasi terlebih dahulu oleh tim Kemensos.

4. Subsidi Karyawan

Tak hanya masyarakat yang sedang tidak bekerja saja yang mendapatkan dana dari pemerintah. Bagi pekerja swasta yang terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan, juga akan mendapatkan dana dari pemerintah berupa subsidi karyawan. Namun, perlu diketahui jika program ini hanya berlaku untuk karyawan dengan gaji di bawah lima juta rupiah. Adapun dana yang diberikan pemerintah sebesar Rp 600.000 selama empat bulan berturut turut.

Bantuan Pemerintah Selama Pandemi

5. BLT Usaha Mikro

Adapun program pemerintah yang terakhir yang diberikan kepada masyarakat adalah BLT usaha mikro. Program ini diperuntukkan bagi para pelaku usaha mikro kecil yang terkena dampak pandemi. Kisaran dana yang diberikan oleh pemerintah dalam program ini sekitar Rp 2,4 juta yang akan ditransfer melalui masing masing rekening. Adapun penggunaan dana yang diberikan ini, diperuntukkan sebagai modal usaha.

Program ini baru diberikan oleh presiden pada tanggal 24 Agustus 2020. Adapun perkiraan jumlah usaha mikro yang sudah mendapatkan program ini, yakni sekitar satu juta. Sedangkan banyaknya usaha yang akan menerima dana tersebut sekitar 12 juta pada bulan Spe. Program ini dilaksanakan secara bertahap hingga beberapa bulan. Setidaknya pemerintahan memperkirakan jika anggaran untuk program ini mencapai Rp 22 triliun.

Itulah beberapa program pemerintah untuk membantu masyarakat selama masa pandemi. Jika dihitung secara keseluruhan, maka anggaran untuk semua program tersebut tidaklah sedikit. Diharapkan dengan adanya program tersebut, masyarakat bisa memanfaatkan dengan maksimal. Tak hanya itu, tujuan dari adanya program pemerintah ini juga agar masyarakat bisa bangkit dan kondisi ekonomi menjadi pulih.

Leave a Reply