Sulit Naik Berat Badan? Yuk Intip 5 Penyebab Badan Kurus

Memiliki tubuh yang kurus tentu menjadi masalah bagi beberapa orang, pasalnya tubuh kurus sangat memiliki potensi untuk terserang penyakit. Bagi anda yang memiliki tubuh kurus, tentu akan membuat tidak percaya diri untuk tampil di hadapan umum. Ada banyak sekali cara untuk bisa menambah berat badan, namun sebelumnya anda harus mengetahui penyebab badan kurus tersebut. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut.

Alasan Mengapa Sulit Menaikkan Berat Badan

1 Aktivitas Fisik yang Tinggi

Salah satu penyebab yang bisa menyebabkan tubuh kurus tidak bisa bertambah adalah terlalu banyaknya aktivitas yang dilakukan. Terlalu banyak olahraga dan aktivitas fisik yang terlalu berat juga akan mempengaruhi berat badan anda. Hal ini karena tubuh akan membakar lebih banyak kalori untuk menghasilkan tenaga saat anda melakukan olahraga atau aktivitas fisik tersebut. Oleh karenanya kurangi aktivitas fisik agar karbohidrat dalam tubuh bisa diolah.

Penyebab Badan Kurus Walau Sudah Banyak Makan

2. Faktor Genetik atau Keturunan

Selain karena aktivitas fisik yang tinggi, faktor genetik bisa menjadi salah satu alasan mengapa anda tidak bisa menambah berat badan. Anda bisa memperhatikan keluarga atau keturunan dalam keluarga anda untuk memastikan hal tersebut. Jika anda menemukan anggota keluarga yang memiliki tubuh kurus tinggi maka bisa dipastikan jika anda memang memiliki keturunan kurus atau genetik.

Selain itu sebagian orang memang terlahir dengan tingkat metabolism yang lebih tinggi dan nafsu makan yang tidak besar. Hal ini juga bisa menjadi salah satu faktor yang menghambat pertumbuhan seseorang. Tubuh yang kurus karena faktor genetik atau keturunan bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat yang tinggi secara rutin.

3. Efek Samping Obat Obatan

Beberapa jenis obat obatan baik yang di konsumsi atau di resepkan oleh dokter maka dapat menyebabkan efek samping yang berlebih. Obat obatan dari dunia medis akan membuat mual dan nafsu makan yang berkurang. Salah satu jenis pengobatan yang sering menyebabkan badan kurus adalah kemoterapi yang berfungsi untuk mengobati kanker. Selain itu efek kemoterapi juga akan membuat asupan dalam tubuh berkurang.

4. Kondisi Medis Tertentu

Beberapa penyebab badan kurus yang harus diperhatikan adalah adanya kondisi kesehatan tertentu pada tubuh seseorang. Beberapa penyakit bisa menjadi penyebab seseorang bertubuh kering. Salah satu penyakit tersebut adalah gangguan pencernaan yang tidak bisa membuat tubuh menyerap karbohidrat atau protein secara maksimal. Penting bagi anda untuk mengetahui beberapa cara agar tubuh bisa menyerap makanan dengan baik.

penyebab badan kurus Doyan Makan Tapi Badan Tetap Kurus Apa yang Salah

Selain gangguan pencernaan, beberapa penyakit seperti diabetes juga sangat berpotensi untuk membuat tubuh anda tidak bisa cepat gemuk. Orang yang memiliki penyakit diabetes harus lebih pintar untuk memilih konsumsi makanan setiap harinya sehingga bisa menambah berat badan secara perlahan. Diet yang ekstrim juga bisa menjadi penyebab badan tidak bisa cepat berisi karena kurangnya nutrisi dalam tubuh yang kurang.

5. Masalah Psikologis

Kesehatan mental juga menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan tubuh seseorang tidak bisa gemuk. Masalah kejiwaan seperti stress, depresi serta gangguan makanan bisa menjadi pemicu utama tidak bisa bertambahnya berat badan seseorang. Anda harus lebih sering membuat tubuh anda sedikit lebih tenang dan tidak memikirkan hal hal lain selain kesehatan anda.

Itulah beberapa penyebab yang seringkali dialami oleh banyak orang bertubuh kurus. Untuk mengatasinya anda bisa melakukan diet untuk menambah berat badan yang sesuai dengan anjuran dari dokter atau tenaga yang ahli. Jangan sampai anda malah memiliki tubuh yang berisi lemak saja sehingga malah mengundang penyakit lainnya, seperti obesitas. Penting bagi anda untuk selalu menjaga pola makan secara teratur dan melakukan olahraga secara rutin.

Leave a Reply