Sudah Tahu Manfaat Berfikir Positif bagi Kesehatan? Yuk Cek di Sini

Dalam menyikapi berbagai masalah yang dihadapi, manusia cenderung memiliki dua pemikiran yaitu pikiran negatif dan positif. Dibandingkan berfikir negatif yang banyak berakibat merugikan, berfikir positif jauh lebih tepat karena dapat menumbuhkan sikap optimis pada diri sendiri sehingga hidupnya terasa lebih bermakna. Berikut ini manfaat berfikir positif yang bisa kita dapatkan.

Manfaat Positive Thinking untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengelola Stress dengan Baik

Ketika menghadapi masalah, seseorang yang memiliki pikiran yang positif lebih fokus pada pemecahan dibandingkan menyalahkan keadaan. Mereka tidak akan mudah mengeluh dan lebih melihat pada sisi positif. Kondisi ini tentunya membuat mereka pribadi yang tidak mudah kecewa, sehingga bisa mengatasi stres dengan baik.Dibandingkan tenggelam pada frustasi yang justru membuatnya terpuruk, orang yang memiliki pikiran positif justru lebih survive.

Mereka akan meminta saran dari orang terdekat. Mereka tidak akan membiarkan dirinya lama-lama berada pada keputusasaan, sehingga lebih memfokuskan pada sebuah perencanaan yang lebih matang. Sedangkan orang pesimis justru lebih banyak berputus asa dan menyalahkan keadaan sehingga stressnya malah bertambah.

2. Memiliki Umur yang Panjang

Berfikir positif akan membuat seseorang memiliki umur yang panjang. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan pada orang menopause, dimana orang yang berpositive thinking memiliki penurunan angka kematian. Hal ini karena mereka memiliki resiko penyakit hipertensi dan diabetes yang lebih sedikit. Tidak hanya itu, positive thinking juga membuat seseorang memiliki resiko penyakit jantung yang rendah karena tidak mudah stres.

Sudah Tahu Manfaat Berfikir Positif bagi Kesehatan Yuk Cek di Sini

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat berfikir positif bagi seseorang yaitu membuat seseorang lebih mudah dalam mengatasi rasa sakit, sehingga mudah sembuh. Namun hal ini tentunya berbeda dengan orang yang memiliki pikiran negatif. Pikiran yang negatif justru akan menyebabkan sistem imun menurun sehingga lebih mudah terserang penyakit. Hal ini karena terdapat aktivitas listrik yang besar pada bagian otak sehingga melemahkan respon imun.

Dengan pikiran yang positif seseorang akan lebih mudah mengalami proses penyembuhan. Penyakit yang sangat kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Orang dengan pikiran positif akan merespon hal ini dengan optimis bisa sembuh sehingga tercipta mindset yang baik. Hal ini tentunya akan memicu sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.

4. Melawan Depresi

Orang yang pesimis akan lebih mudah terkena depresi. Hal ini karena mereka menganggap bahwa apa yang terjadi merupakan sesuatu yang tidak bisa diubah. Sehingga ia lebih mudah putus asa dan mengalami depresi. Dengan mengubah cara berfikir menjadi lebih positif, seseorang akan lebih mudah melawan depresi. Hal ini karena pikiran tersebut, akan membuat seseorang merasa memiliki harapan untuk mengatasi masalah depresi tersebut.

5. Membuat Seseorang Lebih Kuat

Positive thinking akan memberikan seseorang kekuatan, untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi. Orang yang kuat dan tangguh akan lebih mudah dalam mengatasi trauma. Mereka lebih berfikir untuk tidak melanjutkan keterpurukan dalam masalahnya. Kondisi ini tentunya akan membuat mereka lebih tertantang untuk menyelesaikan masalah. Seorang pemimpin biasanya menerapkan pikiran ini kepada anak buahnya untuk mencapai targetnya.

Positive thinking ternyata memiliki manfaat yang banyak. Mulai dari mengatasi depresi hingga memperpanjang umur. Mengingat begitu besar manfaatnya bagi kesehatan, maka alangkah baiknya mulai sekarang anda menanamkan pikiran yang positif pada diri anda. Untuk meningkatkan pikiran positif, cobalah sekali-kali melakukan perjalan kecil yang mempertemukan anda dengan orang yang memiliki semangat yang tinggi untuk mengatasi masalah.

Leave a Reply