Sebagai Investasi Jangka Panjang, Intip 7 Manfaat Asuransi Umum Berdasarkan Jenisnya

Bagi anda yang belum tahu, asuransi adalah sebuah perjanjian antara nasabah (tertanggung) dan penanggung (pihak perusahaan asuransi). Di setiap bulannya, tertanggung diharuskan untuk membayar premi, sementara itu pihak asuransi akan memberikan perlindungan penuh terhadap berbagai hal yang dialami tertanggung. Adapun manfaat asuransi sebagai berikut.

Manfaat Jaminan Atau Asuransi Untuk Masa Mendatang Berdasarkan Jenisnya

1. Asuransi Jiwa

Memiliki posisi yang paling mendasar, asuransi jiwa ini memiliki segudang manfaat untuk melindungi jiwa nasabah dari berbagai risiko kematian. Selain berguna sebagai perlindungan pribadi, ada banyak orang yang menggunakan asuransi jiwa ini sebagai warisan kepada istri atau mereka. Khususnya di saat mereka tutup usia nanti.

manfaat asuransi secara umum

Jenis asuransi jiwa sangat penting terutama bagi mereka yang merupakan tulang punggung keluarga. Sederhananya, asuransi jiwa mengcover segala risiko usia yang disebabkan oleh penyakit, kecelakaan, bencana alam, dan masih banyak lagi. Sampai saat ini, asuransi jiwa masih menjadi jenis perlindungan jiwa yang paling banyak digunakan di Indonesia.

2. Asuransi Kesehatan

Seperti yang anda ketahui, di saat kesehatan terganggu dan harus mendapatkan perawatan maka kondisi tersebut akan sangat membutuhkan asuransi kesehatan. Biaya kesehatan yang terus melonjak tentu menjadi persoalan yang kerap kali diperhitungkan. Namun dengan adanya asuransi kesehatan, semua biaya kesehatan dan rumah sakit akan ditanggung asuransi.

Tergantung dari produk asuransi yang anda pilih, ada yang menanggung biaya rawat jalan, rawat inap, maupun ICU. Nominalnya pun berbeda tergantung dari polis yang dipilih oleh nasabah. Oleh sebab itu, pastikan anda mengetahui kebutuhan agar dapat memilih jenis asuransi kesehatan yang paling cocok kebutuhan.

3. Asuransi Penyakit Kritis

Hampir mirip dengan asuransi kesehatan, jenis asuransi ini juga bisa menanggung segala biaya tagihan medis. Sebagai contoh, jika nasabah mengidap penyakit kritis seperti jantung, kanker, dan stroke, maka asuransi ini dapat menanggung berbagai biaya medis. Asuransi ini dapat memberikan pertanggungan baik biaya pengobatan atau uang tunai langsung.

4. Asuransi Kecelakaan Diri

Sesuai dengan namanya, jenis asuransi ini berisi perlindungan terhadap risiko kecelakaan yang menimpa. Biasanya manfaat dari asuransi ini berupa biaya medis atas kecelakaan seperti patah tulang, operasi, dan lain sebagainya. Asuransi kecelakaan ini bisa menutupi segala risiko tutup usia atau cacat total yang disebabkan oleh kecelakaan.

5. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan berfokus pada perlindungan aset berupa kendaraan milik nasabah. Asuransi kendaraan ini berfokus pada penggantian kerusakan kendaraan karena kecelakaan, pembobolan, atau kehilangan. Berbeda dengan asuransi lainnya, asuransi ini lebih berfokus pada kerusakan kendaraan. Baik kerusakan itu akibat bencana alam atau disebabkan dirinya sendiri.

manfaat asuransi

6. Jenis Asuransi perjalanan

Di dalam jenis asuransi perjalanan ini terdapat cabang lainnya mulai dari Asuransi Keterlambatan Perjalanan, Asuransi Perjalanan Kehilangan atau Kerusakan Bagasi, Asuransi Biaya Pengobatan, dan Asuransi Risiko Kecelakaan. Semua dapat ditanggung oleh asuransi perjalanan ini.

7. Asuransi Pendidikan

Jenis asuransi pendidikan ini sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki buah hati dan ingin menempuh pendidikan lebih lanjut. Asuransi pendidikan ini dapat memberikan manfaat berupa jaminan biaya pendidikan sampai tingkat kuliah. Selain itu, asuransi pendidikan ini dapat membebaskan orang tua terhadap inflasi biaya pendidikan.

Demikian beberapa jenis asuransi di Indonesia beserta manfaatnya. Setelah mengetahui berbagai jenis asuransi, kini saatnya anda mulai menyisihkan sebagian pendapatan untuk berinvestasi sebagai bekal di masa tua. Dengan adanya investasi, masa depan anda akan lebih terjamin dan terlindungi.

Leave a Reply