Pilih Sesuai Kebutuhan, Simak 5 Jenis Modem Wifi Beserta Fungsinya

Bagi anda yang ingin menggunakan modem untuk akses internet, ada baiknya mengetahui jenis beserta fungsinya terlebih dahulu. Umumnya, terdapat beberapa jenis modem yang ada di pasaran. Tugas anda ialah memilih salah satu jenis modem yang dapat menyesuaikan kebutuhan. Untuk mengetahui hal tersebut, yuk simak penjelasan dalam ulasan berikut ini.

Mengenal Jenis Modem Dan Fungsinya Yang Wajib Anda Ketahui

1. Jenis Modem Eksternal

Jenis modem yang pertama ialah modem eksternal. Modem ini digunakan untuk sebuah komputer agar dapat mengakses internet. Data yang dihasilkan oleh komputer umumnya berbentuk sinyal digital yang nantinya akan diubah menjadi sinyal analog. Dengan perubahan inilah yang dapat membuat PC/komputer dapat mengakses jaringan internet.

modem wifi telkomsel

Apabila modem eksternal menerima data sinyal analog, maka sistem akan secara otomatis mengubahnya menjadi sinyal digital. Pasca perubahan sinyal tersebut, sistem akan melanjutkan proses akses internet lebih lanjut. Biasanya, modem eksternal dipasang pada bagian luar CPU serial port atau USB CP. Salah satu contoh jenisnya ialah modem wifi telkomsel yang mudah dibawa.

2. Jenis Modem Internal

Jenis modem selanjutnya ialah modem internal. Jenis ini terpasang secara internal yang mana sinyal analog akan diubah menjadi digital dan langsung dikirim ke komputer. Jadi, modem internal tidak akan menunggu proses selanjutnya setelah mengirim sinyal analog. Umumnya, modem internal terpasang dalam CPU seperti slot PCI komputer.

Modem internal bisa digunakan untuk beberapa komponen. Adapun komponen tersebut ialah Card Modem Komputer, Slot PCI, Slot ISA, dan masih banyak lagi. Fungsi dari modem ini adalah memberikan akses internet dengan cara mudah tanpa melewati banyak proses. Harganya pun relatif murah. Bahkan, harganya pun relatif murah jika dibandingkan jenis lain.

3. Modem Sistem Analog (Dial-Up)

Modem analog dapat menerima data sinyal analog lewat jaringan transmisi data. Kemudian, sinyal tersebut akan dikirimkan ke komputer hingga menjadi data digital. Biasanya, modem jenis ini digunakan untuk mengoneksi dial-up melalui jaringan telepon. Sederhananya, akses jaringan internet komputer bisa didapatkan melalui jalur telepon modem.

4. Modem Digital Subscriber Line Atau DSL

Sebagai informasi, modem jenis ini digunakan untuk menerima dan mengirimkan data melalui sebuah jaringan yang telah terdeteksi (DC Dedicated Line). Teknologi tersebut akan mengubah data modem DSL menjadi data digital. Dengan demikian, akses internet dapat diterima secara cepat tanpa membutuhkan jangka waktu tertentu. Adapun contohnya ialah modem wifi telkomsel.

Telkomsel Orbit modem wifi telkomsel

Modem DSL ini masih terbagi ke dalam dua jenis. Ada modem Asymmetric Digital Subscriber Line dan Symmetric Digital Subscriber Line. Modem Asymmetric Digital Subscriber Line memiliki kecepatan download yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kecepatan upload. Oleh sebab itu jenis modem ini sangat cocok bagi anda yang memiliki aktivitas download lebih tinggi.

5. Modem Jenis CDMA dan GSM

Modem CDMA merupakan sistem internet dengan menggunakan jalur Code Division Multiple Access. Bentuknya hampir mirip seperti USB Flashdisk, yang bisa digunakan kapan pun. Sedangkan modem jenis GSM (Global System for Mobile Communication) merupakan jenis modem yang memiliki kemiripan dengan modem CDMA dimana berbentuk seperti USB.

Setelah mengetahui beberapa jenis modem, kini anda bisa memutuskan modem jenis mana yang cocok untuk kebutuhan. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam ulasan tersebut, modem merupakan sebuah media untuk mendapatkan akses jaringan internet. Jenisnya yang berbeda juga menunjukkan bahwa kemampuannya otomatis turut berbeda satu sama lain.

Leave a Reply