Perlu Waspada, Berikut Gejala Pada Tubuh Akibat Kekurangan Vitamin B

Kekurangan vitamin memang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh. Salah satunya kekurangan vitamin B akan membuat tubuh mengalami beberapa masalah. Sebab vitamin B memiliki peranan penting agar kesehatan sel tetap terjaga dan membuat tubuh tetap bersinergi. Untuk menghindari risiko akibat kekurangan vitamin B, anda perlu mengetahui gejala serta akibat yang ditimbulkan pada tubuh. Selengkapnya simak ulasannya berikut.

Akibat dan Gejala Yang Muncul Saat Tubuh Kekurangan Vitamin B

1. Vitamin B2

Vitamin B2 atau yang dikenal dengan riboflavin yang bertugas untuk menjaga kulit serta sistem saraf mata. Selain itu juga membantu untuk mencerna protein, lemak hingga karbohidrat dalam makanan. Apabila tubuh kekurangan vitamin satu ini, maka akan timbul gejala seperti kulit kering, mata merah hingga bibir pecah pecah atau bahkan infeksi pada mulut. Sebenarnya kekurangan vitamin ini masalah yang ditimbulkan tidak begitu serius, tapi tetap harus dipenuhi.

akibat k kurangan vitamin B Waspada Efek samping vitamin B kompleks

2. Vitamin B1

Triamine atau vitamin B memiliki fungsi untuk menjaga sistem saraf serta mengubah makanan untuk menjadi energi pada tubuh. Umumnya vitamin ini didapatkan pada biji bijian serta telur, daging atau buah. Kekurangan vitamin satu ini bisa menyebabkan terserang beri beri. Gejala yang muncul ditandai dengan kehilangan nafsu makan, gangguan daya ingat, gangguan tidur hingga terjadi penurunan berat badan karena perut terasa tidak enak.

3. Vitamin B3

Vitamin B3 atau dalam dunia medis dikenal dengan niacin juga berperan untuk membantu untuk mengubah makanan menjadi energi. Lebih spesifik, vitamin ini akan membantu masalah nafsu makan juga pencernaan. Jika kekurangan vitamin ini, maka akan ada masalah pada pencernaan seperti kram perut hingga rasa mual. Bahkan dalam beberapa kasus yang terbilang parah, kekurangan vitamin B3 membuat seseorang menjadi linglung.

4. Vitamin B6

Vitamin B lainnya yang juga tidak kalah penting bagi tubuh adalah vitamin B6 atau pyridozine. Fungsinya untuk melawan infeksi sekaligus mengubah makanan untuk menjadi energi yang dibutuhkan tubuh. Tubuh akan mengalami beberapa gejala seperti anemia, bibir pecah pecah hingga gangguan kulit seperti ruam. Tak hanya itu, kekurangan vitamin B6 juga menyebabkan seseorang mengalami depresi, mual, kebingungan hingga meningkatkan kanker usus besar atau lainnya.

5. Vitamin B9

Asam Folat menjadi nama beken dari vitamin B9 ini, yang nantinya akan mendorong tumbuhnya sel darah merah serta mengurangi cacat pada janin. Tanpa vitamin satu ini, seseorang akan menderita anemia maupun diare. Sementara akibat kekurangan vitamin b untuk wanita hamil ada risiko kelahiran cacat pada bayi. Umumnya akan ditandai dengan tubuh yang merasa lelah, lidah membengkak, sariawan bahkan pertumbuhan tubuh yang tak bagus.

akibat kekurangan vitamin B2

6. Vitamin B12

Cobalamin atau vitamin B12 merupakan vitamin yang akan mengatur sistem saraf, serta berperan untuk pembentukan sel darah merah dan pertumbuhan. Seseorang yang kekurangan vitamin ini akan terserang anemia serta kepikunan untuk orang tua. Tak hanya masalah psikologis seperti depresi, demensia maupun masalah perilaku bisa muncul. Tanda kekurangan vitamin ini pada tubuh bisa berupa mudah marah, lesu, lelah ekstrim hingga kesemutan pada kaki serta tangan.

Untuk menghindari tubuh dari kekurangan vitamin B, maka anda bisa mengkonsumsi berbagai makanan yang sehat. Masing masing vitamin B ini memang memiliki jenis makanan yang disarankan agar tubuh terpenuhi dengan nutrisinya. Selain itu, beberapa multivitamin juga bisa dikonsumsi untuk tambahan vitamin B ini. Baik vitamin B maupun lainnya memang sangat dibutuhkan tubuh agar bekerja dengan baik dan tetap sehat.

Leave a Reply