Peringatan Seorang Ibu : Jangan Memasak Sambil Menggendong Bayi

Menjadi seorang ibu rumah tangga yang melakukan semua pekerjaan rumah sendiri memang bukan hal yang mudah. Disamping harus menyelesaikan seluruh pekerjaan rumah dalam tenggang waktu yang singkat, ibu rumah tangga di waktu yang bersamaan juga harus mengurus anak. Namun pastikan bahwa sesibuka apapun Anda, jangan memasak sambil menggendong bayi.
Mengapa?
Aktivitas memasak sembari menggendong bayi sangat berbahaya. Apa saja dampaknya memasak sembari menggendong bayi? Berikut informasi penting yang harus Anda tahu sekaligus menjadi suatu peringatan bagi seorang ibu agar tidak melakukannya karena berbahaya. Let’s check these out!
Bahaya Memasak Sambil Menggendong Bayi
Bahaya bayi terjatuh dari gendongan
Ketika bunda memasak sembari menggendong si kecil, besar kemungkinan ketika gendongan merosot si bayi akan terjatuh dari gendongan. Hal ini akan sangat berbahaya. Jika sudah terlanjur, sistem saraf dan tulang bayi akan bermasalah terlebih kondisinya masih sangat rawan.
Bayi berpotensi tercebur dalam minyak atau air panas
Mungkin memang tidak semua wanita tidak akan fokus melakukan dua pekerjaan sekaligus secara bersamaan. Akan tetapi sefokus apapun Anda melakukan dua pekerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan, baiknya Anda menghindari kegiatan memasak yang dilakukan sembari menggendong si kecil.
Pernah ada suatu kejadian bayi tercebur ke dalam minyak panas yang menyebabkan kulit bayi melempuh dan bayi meninggal saat itu juga. Untuk menghindari resiko ini pastikan Anda tidak memasak sembari membawa bayi dalam gendongan karena bahayanya sangat fatal.
Ibu terkena cipratan air panas atau minyak
Ketika ibu tidak fokus, besar kemungkinan cipratan air panas atau minyak yang digunakan menggoreng akan membuat tangan ibu melempuh karena menciprati tangan. Oleh sebab itu pastikan Anda hindari aktivitas berbahaya ini.
Agar kegiatan memasak jadi lebih menyenangkan dan tanpa ada hambatan atau gangguan apapun meski sudah miliki bayi, ada beberapa tips yang ibu muda harus terapkan meliputi :
Memasak ketika bayi sedang tidur
Jika memang tidak ada pembantu atau perawat anak yang membantu tugas ibu di rumah, bunda bisa mencuri – curi waktu untuk memasak. Bunda bisa bangun lebih awal dan memasak ketika si kecil masih sedang tertidur. Hal ini akan membuat Anda fokus selama memasak.
Meletakkan bayi di ayunan atau dorongan dekat ibu
Jika bayi sudah bangun atau Anda takut bayi terbangun dan Anda tidak mendengarkan teriakannya, bunda bisa meletakkan bayi di ayunan atau dorongan dan letakkan di dekat Anda ketika memasak. Dengan demikian bayi senang, ibu pun tenang.
Masak makanan simple
Agar tidak menyita banyak waktu yang Anda miliki pastikan agar makanan yang Anda masak adalah berbagai jenis masakan simple. Pastikan Anda memasak masakan yang hanya butuh waktu tidak lebih dari 15 menit sehingga Anda tidak perlu meninggalkan bayi terlalu lama dan kebutuhan konsumsi keluarga masih terpenuhi.
Manfaatkan bumbu instan
Jangan lupa selalu sediakan bumbu instan di rumah. Mulai dari lada bubuk, kunyit bubuk, penyedap rasa, cabai bubuk dan berbagai bumbu bubuk lainnya perlu Anda punya. Dengan memanfaatkan bumbu instan Anda tidak perlu capek – capek mengulek bumbu sendiri dan bisa tinggal tuang ke dalam masakan. Hal ini akan semakin menghemat waktu Anda.
Itulah beberapa tips memasak bagi ibu yang dapat diterapkan ketika sudah memiliki momongan. Pastikan Anda selalu menjaga si kecil dan hindari memasak sambil menggendong bayi karena sangat berbahaya.

Leave a Reply