Perbandingan Paket Internet Telkomsel dan XL

Tingginya kebutuhan internet dan banyaknya provider, melahirkan sebuah persaingan untuk menarik minat masyarakat. Telkomsel dan XL misalnya, dimana kedua provider ini tengah menjadi perbincangan hangat terkait akses internet cepat dan murah. Berbagai penawaran menarik pun digalakkan, mulai memberikan harga murah hingga kuota unlimited diberikan cuma cuma. Sebelum beli paket data menambah masa aktif, mana yang terbaik dan harus dipilih ?

Dilihat dari Harga Paket dan Pelayanannya

Dari segi harga, kedua provider populer ini memiliki keunggulan tersendiri sehingga perlu menilik informasinya lebih dalam. Agar tidak semakin penasaran, mari kupas dahulu dari sisi Telkomsel. Seperti yang bisa diketahui, sejak dahulu Tellkomsel sudah menghadirkan berbagai jenis paket yang kemudian dibagi menjadi beberapa zona. Pada zona pertama misalnya, dimana harga paket internetnya akan semakin mahal walaupun kuota yang didapatkan tetaplah sama.

beli paket data menambah masa aktif paket data telkomsel xl simpati indosat smartfren 3 axis tri im3

Jika berbicara mengenai paketan internet, maka tidak jauh dari tingkat kecepatan aksesnya. Berdasarkan uji coba yang dilakukan Open signal pada tahun 2019 lalu, Telkomsel mendapat peringkat pertama untuk operator yang mencacat speed upload dan download tertinggi. Dimana kecepatan rata rata mencapai 9.8 Mbp, sedangkan kecepatan download mencapai 2.4 Mbps dengan kecepatan upload mencapai 3.7 Mpbs.

Hebatnya lagi, Telkomsel masuk dalam daftar provider yang mampu meraih nilai tertinggi dibandingkan dengan para pesaingnya. Nilai tertinggi tersebut didapatkan dari pengujian kecepatan download, latency, kecepatan upload, serta pengalaman videonya. Sayangnya untuk urusan penggunaan jaringan, Telkomsel masih kalah dengan pesaing ketatnya.
Tidak ingin kalah dengan pesaingnya, XL juga berusaha memanjakan penggunanya dengan menawarkan kecepatan akses tinggi. Dihadirkan dengan berbagai jenis paket yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan, sehingga tidak perlu takut isi kantong akan terancam. Bahkan harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan Telkomsel, tidak heran jika penggemarnya tertarik beli paket data menambah masa aktif dari XL.

Tidak berhenti sampai disana, pasalnya XL juga menghadirkan paket Worry Free (unlimited) yang sayang dilewatkan. Berbagai keuntungan bisa didapatkan seperti streaming musik, streaming Youtube sepuasnya, chatting sepuasnya, browsing situs favorit, akses sosial media dan email gratis, serta akses internet 24 jam penuh. Banyaknya kelebihan yang ditawarkan, wajar jika banyak yang tertarik menggunakannya.

Sedangkan dari kecepatan berada di peringkat kedua setelah Telkomsel, yang menandakan bahwa persaingan ketat keduanya seakan masih terus berjalan. Diperkuat dengan hasil uji coba Open Signal yang menyatakan jika XL memiliki rata rata kecepatan upload sekitar 3.4 Mbps, yang ternyata tidak jauh berbeda dengan saingannya tersebut. Memiliki kecepatan yang hampir sama, tidak jarang membuat pengguna merasa bingung memilih salah satunya.

Dilihat dari Paket Telephon dan SMS

Bikan hanya bersaing menawarkan paket internet kencang dan murah semata, namun kedua provider ini tidak luput memperhatikan layanan telephone dan SMS. Khusus paketan telephone dan SMS dari Telkomsel akan dibagi menjadi 4 jenis yaitu paket harian, mingguan, bulanan, dan combo bulanan. Semua paket tersebut bisa diaktifkan dengan menghubungi *111*60#. Sedangkan XL menyediakan paket SERBU yang tersedia dalam paket terpisah dan paket gabungan harian.

beli paket data menambah masa aktif

Baik Telkomsel dan XL, tampaknya akan selalu berusaha memuaskan para pengguna jasanya agar tidak berpaling hati. Menyediakan berbagai jenis paket dengan penawaran harga miring, siapapun yang melihatnya pasti tergiur membelinya. Agar tidak bingung memilihnya, penting mengetahui baik dari segi kelebihan maupun kelemahannya dari setiap providernya. Setelah mengetahuinya, yang manakah provider yang Anda gunakan saat ini ?

Leave a Reply