Pengusaha Wajib Tahu! Berikut Unsur-Unsur Iklan Untuk Menarik Calon Konsumen

Iklan merupakan sesuatu yang sering dilihat sehari-hari oleh banyak orang, baik itu di media digital maupun konvensional. Tujuannya sendiri untuk menghasilkan margin penjualan yang tinggi dengan menarik perhatian dari calon konsumen. Selain itu, iklan juga berguna untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada orang lain. Agar iklan anda bisa menarik konsumen maka perlu diperhatikan unsur-unsur iklan berikut ini.

Beragam Unsur Iklan yang Harus Diperhatikan

1. Bisa Menarik Perhatian

Sebuah iklan yang dibuat oleh suatu perusahaan atau pengusaha haruslah menarik perhatian supaya bisa dilihat oleh banyak orang. Apabila tampilan iklan biasa saja dan tidak ada yang menarik, maka orang lain akan malas untuk meliriknya. Sehingga informasi yang ada di iklan tidak diketahui oleh banyak orang. Sebab itu, sangat penting sekali untuk menggunakan ide-ide yang baru dan menarik ketika membuat iklan.

Unsur-Unsur Iklan

2. Menentukan Target Iklan

Unsur yang kedua ini harus terdapat dalam iklan. Anda harus bisa menentukan siapa saja target yang akan dituju sebelum memutuskan untuk membuat sebuah iklan. Setelah anda mengetahui target dari penjualan yang sedang dipromosikan, maka tentunya akan memudahkan anda dalam menentukan dari konsep iklan. Jika telah tepat pada sasarannya akan membuat para calon konsumen menjadi tertarik untuk membeli produk tersebut.

3. Terdapat Kepercayaan

Anda harus bisa membangun unsur kepercayaan ini pada calon konsumen. Apalagi jika produk yang ditawarkan merupakan keluaran terbaru. Sehingga anda harus bisa membangun image yang bagus terlebih dahulu. Image baik tentunya bisa diciptakan dengan menggunakan berbagai gambaran yang positif terhadap produk kepada calon konsumen. Agar mereka percaya, bahwa produk yang dipromosikan ini memang yang terbaik.

Dalam pembuatannya juga, anda harus bisa menggunakan model iklan yang sudah terkenal seperti artis ternama atau influencer yang sedang naik daun. Dengan menggunakan model tersebut, tentunya akan memberikan respon yang positif serta akan banyak yang melihat produk anda. Kemungkinan besar juga produk yang sedang dipromosikan tersebut akan menjadi sangat laku.

4. Nama dan Gambar Produk Harus Menarik

Unsur yang keempat ini merupakan yang terpenting, yaitu nama dan gambar produk. Iklan dari suatu produk atau jasa harusnya mencantumkan nama dan gambar, dengan tujuan agar calon konsumen mengetahui produk yang sedang dipromosikan. Nama produk juga menjadi hal yang utama karena merupakan identitas utama yang akan diberikan kepada orang lain. Sedangkan untuk gambar produk akan berguna untuk memberitahu bentuk produk yang sedang ditawarkan.

Unsur-Unsur Iklan contoh iklan

5. Kalimat yang Digunakan

Kalimat yang terdapat pada produk haruslah berupa susunan kata yang unik dan menarik yang merupakan bagian dalam unsur-unsur iklan. Dengan kalimat tersebut, bisa menjadi salah satu faktor kesuksesan dari iklan yang dibuat. Dikarenakan kalimat iklan ini berisi ajakan untuk membeli produk tersebut. Apabila kalimat iklan yang digunakan sangat bagus, maka akan bisa menarik perhatian dari calon konsumen. Namun jika tidak, maka iklan anda akan menjadi sia-sia.

6. Keunggulan Produk

Pada bagian kalimat yang akan digunakan di dalam iklan, cantumkan pula berbagai macam keunggulan dari produk yang ditawarkan. Anda harus bisa menuliskan hal-hal yang positif mengenai produk anda. Apabila unsur satu ini lupa dicantumkan maka iklan anda akan terlihat kurang menarik. Karena dengan adanya keunggulan ini, para calon konsumen akan mengetahui kegunaan dari produk yang sedang ditawarkan tersebut.

Dengan memperhatikan berbagai unsur yang telah dijelaskan di atas, diharapkan iklan yang sedang anda buat bisa menggaet minat dari calon konsumen. Jangan lupa juga untuk mencantumkan harga dari produk yang ditawarkan. Berikan harga terjangkau sesuai dengan kualitas produk yang anda miliki, agar calon konsumen percaya bahwa produk anda adalah yang terbaik.

Leave a Reply