Mengenal Bir, Minuman Fermentasi Populer di Indonesia

Bagi yang pernah mencoba bir, tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis minuman tersebut. Minuman ini dibuat menggunakan porses fermentasi tanpa adanya penyulingan. Sampai saat ini, bir masih menjadi salah satu minuman yang cukup populer di beberapa kalangan masyarakat. Salah satu brand terbaik yang ada adalah Guinness Beer. Simak mengenai bir tersebut pada ulasan di bawah ini.

Mengenal Minuman Bir

Saat ingin mendapatkan minuman bir di Indonesia pada dasarnya tidak terlalu sulit. Bir ini sendiri dapat Anda temukan pada bar ataupun supermarket yang menjualnya. Beberapa kalangan masyarakat yang umumnya terbiasa untuk mengkonsumsi minuman tersebut akan menyiapkan bir saat nongkrong bersama saudara atau teman.

Mengenal Bir Guinness indo

Beberapa kalangan bahkan mengkonsumsi minuman tersebut saat sedang mengalami stress karena dipercaya dapat membuat pikiran menjadi jauh lebih rileks. Hanya saja, saat ingin mengkonsumsinya tentu tidak boleh asal pilih. Terlebih saat ini ada banyak pilihan brand atau merk bir yang ada di pasaran.

Setiap brand tersebut juga sudah diolah dalam berbagai jenis cita rasa. Seperti bir paling keras, iced beers, cream ales, bir pahit, hingga bir hitam. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih jenis bir yang memang terbiasa untuk meminumnya saja.

 

Sejarah Bir Terbaik di Indonesia

Salah satu bir terbaik yang ada di Indonesia adalah Guinness Beer. Bir yang satu ini tentu sudah banyak dikenal oleh kalangan millenial. Perusahaan bir ini sendiri pertama kali dibuat pada tahun 1730-an. Adapun pembuatnya bernama Arthur Guinness seorang berkebangsaan Inggris.

Mengenal Bir Guinness anda

Bir yang satu ini sendiri terbuat dari malt, air, ragi, hops, dan juga barley. Adapun barley yang digunakan nantinya dipanggang terlebih dahulu agar dapat memberikan tampilan warna gelap serta aroma yang sangat khas. Keunikan dari bir ini adalah kelembutannya yang juga populer dan disukai banyak orang.

Kebanyakan orang juga menyebut bir ini dengan sebutan bir hitam. Meski begitu, saat Anda melihatnya dengan lebih jelas maka tampilannya aslinya adalah bukan hitam akan tetapi merah rubi gelap. Rasanya sendiri cukup mirip dengan kopi. Tentu saja tidak dapat lepas dari ingatan mereka para pecinta bir.

Pembuatan bir ini sendiri berawal dari Arthur yang memperoleh warisan dari bapak baptisnya. Yakni sekitar 100 pundsterling pada saat itu. Kemudian ia pun memakai uang warisan yang didapat tersebut untuk membuka bisnis baru. Tidak lain yakni usaha pembuat bir yang ada di Leixlip, County Kildare.

Kemudian, tepat pada tahun 1759, Arthur menandatangani sebuah kontrak sewa untuk pabrik yang ada di Dublin. Dahulunya, produk dari pabrik tersebut merupakan ale serta bir hitam. Selanjutnya, setelah dikontrak oleh Arthur maka produksi ale mulai dihentikan. Kemudian memutuskan untuk berfokus kepada produksi bir hitam saja.

Tidak hanya sampai disitu saja, Arthur juga mulai melakukan ekspor produk bir tepat pada tahun 1769 untuk pertama kalinya. Sementara itu, pada tahun 1790, pabrik bir yang dimilikinya mulai memperbesar diri sekaligus berekspansi. Sementara itu, Arthur meninggal di tahun 1803. Sejak kejadian tersebut, maka usaha bir yang ada diturunkan kepada anak kandungnya sendiri.

Itulah beberapa informasi mengenai salah satu bir yang terbaik di Indonesia. Keberadaan bir tersebut tentu sudah diketahui bagi para pecinta bir. Mengingat pendirian bir tersebut yang sudah didirikan dari sejak lama. Dengan begitu, tidak perlu lagi meragukan kualitasnya pasalnya tentu setiap produk sangat terjaga kualitasnya dengan baik.

Leave a Reply