Mengapa Dinamakan Mesin Cuci Otomatis?

Mencuci baju merupakan salah satu aktivitas yang sudah ada sejak zaman dahulu kala, bahkan menjadi salah satu budaya tertua dalam sejarah peradaban manusia. Selain itu kegiatan mencuci baju ini juga menjadi sebuah rutinitas yang cukup menyita waktu dan tenaga karena anda harus merendam, mengucek, membilas hingga menjemur. Oleh karena itu muncullah alat pencuci baju yang dinamakan mesin cuci. Berikut ini alasan dan sejarahnya.

Sejarah Munculnya Mesin Cuci

Alat pencuci baju ini memiliki sejarah yang cukup panjang, serta menjadi salah satu benda yang senantiasa berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan pemikiran manusia. Cikal bakal adanya mesin cuci dimulai dari papan penggilas biasa yaitu pada tahun 1797, yang umumnya terbuat dari kayu. Lalu alat tersebut berkembang menjadi mesin raksasa dengan berbagai bagian yang terbuat dari kayu.

mesin cuci otomatis yang bagus cara merawat dan menggunakan mesin cuci

Namun mesin cuci yang terbuat dari kayu ini tidak bertahan lama karena terdapat banyak kendala, kemudian dibuatlah mesin yang terbuat dari bahan logam. Bahan tersebut memiliki tujuan agar bisa menyalakan api dari bawah mesin sehingga dapat menghangatkan air selama proses pencucian berlangsung. Alat pencuci baju ini disebut juga dengan mesin cuci uap yang cukup komersial ditemukan dan dipasarkan di negara Inggris serta Amerika Serikat pada tahun 1850 an.

Perkembangan teknologi mesin cuci di Amerika Serikat lebih menekankan pada pengembangan mesin untuk mencuci di rumah. Kemudian pada tahun 1858, mesin cuci rotary atau berputar sudah dilengkapi dengan selang dan tangkai pemutar di tengah tong telah dipatenkan oleh Hamilton Smith. Tiga tahun kemudian, alat pencuci baju tersebut telah dilengkapi dengan wringer atau gilasan pemeras yang terbuat dari beberapa kayu panjang.

Di awal tahun 1950 an, mesin dengan fitur tombol pengering mulai dipasarkan di Amerika Serikat yang menggantikan proses memeras pakaian. Kemudian di tahun 1957, mesin cuci telah dilengkapi dengan lima tombol untuk mengontrol suhu mencuci, membilas, kecepatan mencuci, dan kecepatan putaran. Hingga saat ini alat pencuci baju tersebut telah berubah menjadi mesin cuci otomatis yang bagus serta layak digunakan untuk seluruh manusia.

Alasan Dinamakan Mesin Cuci Otomatis

Saat ini alat pencuci baju dibagi menjadi dua yaitu satu tabung dan dua tabung. Untuk mesin cuci dengan satu tabung juga dibedakan menjadi dua tipe pengisian, yaitu dari depan atau front loading serta dari atas atau top loading. Mesin cuci pintu depan atau front loading memiliki satu buah tabung yang terbuat dari stainless steel, yang bisa digunakan untuk mencuci, membilas, sekaligus mengeringkan secara otomatis.

mesin cuci otomatis yang bagus medias

Alat pencuci baju satu tabung front loading ini didesain secara horizontal dan memiliki arah putaran cucian yang vertikal. Biasanya juga penggunaan mesin ini lebih hemat air dan pakaian yang dicuci menjadi tidak mudah rusak, dikarenakan proses kerjanya yang tidak menggunakan pulsator dan putarannya tidak terlalu cepat. Sayangnya mesin cuci satu ini lebih boros dan harganya juga lebih tinggi dibanding dengan jenis top loading.

Mesin cuci otomatis yang bagus jenis top loading bisa digunakan untuk mencuci, membilas, sekaligus mengeringkan dalam satu kali pengerjaan. Sebenarnya mesin cuci satu ini merupakan perkembangan dari mesin cuci dua tabung. Bentuk dari alat pencuci satu ini ialah vertikal, kemudian mesin ini menggunakan daya listrik yang lebih rendah serta lebih praktik jika dibandingkan dengan mesin cuci dua tabung.

Jadi bisa disimpulkan bahwa kenapa dinamakan mesin cuci otomatis, dikarenakan mesin satu ini memiliki sejarah perkembangan teknologi yang sangat panjang. Pada saat ini mesin cuci ini dilengkapi dengan beragam macam alat yang canggih, untuk membantu para penggunanya mencuci pakaian dengan cepat tanpa membutuhkan waktu yang lama. Kemudian untuk hasil cuciannya juga lebih bersih jika dibandingkan dengan kegiatan mencuci secara manual.

Leave a Reply