Menarik! Berikut Fakta Unik Tentang Tubuh Manusia Yang Wajib Anda Ketahui

Beberapa hal menarik yang dapat anda lihat dari alam maupun hasil buatan manusia seringkali membuat takjub dan heran. Nyatanya, tubuh yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas ini juga memiliki hal unik yang jarang diketahui. Lantas, fakta unik apa saja yang terdapat pada tubuh manusia?

Yuk Simak Fakta Tentang Tubuh Manusia Yang Jarang Diketahui

1. Otak Memiliki Sel Saraf Hampir 100 Milyar

Otak merupakan bagian yang paling unik dari tubuh manusia. Dalam hal ini, otak memiliki sekitar 100 milyar sel saraf mikroskopis yang terdapat pada otak disebut neutron. Dengan jumlah sel syarat yang sangat banyak tersebut, anda pasti tidak bisa membayangkan bagaimana susunannya dan bentuk ukuran yang dimiliki pada setiap sel.

Fakta Unik syaraf otak

Bahkan, ukuran otak yang dimiliki oleh setiap orang berbeda tanpa disadari. Hal ini sangat ditentukan oleh lokasi atau tempat tinggal seseorang dan gen spesifik. Selain itu, otak juga tidak pernah berhenti bekerja. Hal ini dapat diketahui ketika anda tidur maka otak akan tetap menghasilkan berbagai mimpi dan mengirimkan berbagai sinyal ke organ tubuh yang lain.

2. Bibir Akan Semakin Tipis Seiring Dengan Bertambahnya Usia

Selain itu, bibir merupakan organ yang sensitif sehingga bisa menipis dan mudah kering. Menipisnya bibir yang terjadi karena bertambahnya usia disebabkan oleh berkurangnya kolagen yang dimiliki oleh bagian tubuh manusia. Oleh sebab itu, semakin tua usia seseorang maka bibir yang dimiliki juga akan menipis dan keriput.

3. Berat Badan Berpengaruh Terhadap Volume Darah

Fakta unik lainnya yang harus anda ketahui adalah kondisi berat badan ternyata mempengaruhi volume darah. Dalam hal ini, peredaran sel darah yang terjadi dalam kurun waktu kurang dari 30 detik berfungsi untuk memompa jantung melewati paru-paru. Tentunya, ukuran tubuh manusia juga mempengaruhi ukuran organ yang ada didalamnya.

Oleh sebab itu, seorang dewasa yang memiliki berat badan sekitar 68-81kg diperkirakan memiliki volume darah sekitar 4,5-5,6 liter. Hal ini dikarenakan volume darah yang terdapat pada tubuh sebesar 7% dari berat badan. Untuk itu, seorang anak yang memiliki berat badan sekitar 36 kg berarti memiliki volume darah setengah dari orang dewasa.

4. Paru-Paru Adalah Organ Yang Dapat Mengapung Di Atas Air

Organ paru-paru berfungsi untuk memompa hembusan nafas yang dilakukan setiap saat. Oleh karena itu, organ paru-paru manusia memiliki alveoli yang merupakan struktur berbentuk seperti balon. Dalam hal ini, alveoli dapat berfungsi untuk menggantikan karbon dioksida dengan oksigen yang terdapat dalam darah. Untuk itu, paru-paru dapat mengapung jika alveoli penuh dengan udara.

Fakta Unik paru paru

5. Organ Hati Memiliki 500 Fungsi

Selain itu, hati juga merupakan organ tubuh yang sangat unik karena memiliki fungsi yang lebih dari 500. Tentunya, fungsi tersebut dapat berguna untuk merawat tubuh agar tetap dalam kondisi sehat. Beberapa fungsi hati manusia yaitu melawan infeksi, memproduksi getah empedu, memproduksi protein, menyimpan nutrisi dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, anda bisa melakukan uji fungsi hati untuk mengetahui bahwa organ tersebut tetap berjalan dengan baik. Begitu pula, tes untuk pengujian ini dapat dilakukan dengan mengambil sampel darah dan memeriksa semua kandungan senyawa kimia yang terdapat pada organ hati.

Itulah beberapa fakta menarik tentang beberapa organ yang terdapat pada tubuh manusia. Tentunya, beberapa kondisi yang membuat beberapa organ bekerja sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan fisik maupun mental manusia. Oleh sebab itu, menjaga pola hidup sehat perlu dilakukan agar fungsi organ tubuh tetap terjaga.

Leave a Reply