Mempengaruhi berat badan, Yuk Cari Tahu Jam Makan Yang Baik Di Sini

Makan menjadi kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Dengan makanan, menjadikan tubuh kita memiliki energi dan bisa melakukan berbagai aktivitas. Namun bukan berarti aturan makan diabaikan begitu saja, dengan mengkonsumsi apapun dan kapanpun tanpa batasan. Bagi anda yang sedang dalam program diet, anda juga harus mengetahui jam makan yang baik dan tepat. Selengkapnya, anda bisa menyimak ulasan berikut.

Waktu Terbaik Untuk Makan Yang Wajib Anda Ketahui

1. Sarapan Sebelum Jam 9 Pagi

Sarapan sangat penting, sekalipun anda sedang menurunkan berat badan tidak boleh melewati jam makan satu ini. Dengan sarapan, maka anda akan memiliki energi hingga siang hari. Apalagi setelah kita tertidur lebih dari 7 jam, membuat tubuh pasti membutuhkan asupan energi. Semakin pagi semakin baik untuk melakukan sarapan, dan sebaiknya sarapan dilakukan sebelum jam 9 pagi. Idealnya sarapan dilakukan di jam 7 atau jam 8 pagi.

Waktu Makan yang Tepat agar Tubuh Tetap Sehat jam makan yang baik

2. Camilan Di Sebelum Makan Siang

Sekalipun anda sudah sarapan di pagi hari, beberapa jam kemudian anda akan merasakan lapar. Hal ini merupakan hal yang wajar, karena umumnya anda akan merasa lapar setelah 4 atau 5 jam pasca sarapan. Dan waktu ini merupakan waktu yang tepat untuk mengisi perut dengan camilan. Camilan yang dikonsumsi tentunya merupakan makanan yang sehat. Karena fungsinya untuk menganjal sebelum jam makan siang tiba, anda bisa mengkonsumsi buah.

3. Makan Siang Tepat Waktu

Makan siang umumnya dilakukan pukul 12 siang, karena memang waktu tersebut merupakan jadwal istirahat hampir di semua tempat. Untuk jam makan yang baik, khususnya makan siang sebaiknya dilakukan di pukul 12. 45. Sebaiknya anda jangan menunda jam makan siang hingga melebihi pukul 4 sore. Menu yang disantap saat makan siang sebaiknya sudah termasuk karbohidrat, protein, serat yang akan dibutuhkan tubuh.

4. Camilan Sebelum Makan Malam

Hampir sama dengan jadwal camilan ketika makan siang, anda juga bisa membuat jadwal camilan sore. Terutama setelah melewati jam jam makan siang namun masih belum memasuki makan malam. Anda bisa mengisi waktu camilan di jam 3 maupun jam 4 sore. Tujuan ada camilan sore adalah agar anda tidak mengkonsumsi banyak makanan ketika malam hari. Dan tentunya camilan yang dikonsumsi merupakan camilan yang sehat.

jam makan yang baik sehat

5. Makan Malam Sebelum Jam Delapan

Ketika malam hari, tubuh tak hanya lelah dan membutuhkan istirahat. Namun juga membutuhkan asupan makanan sebelum akhirnya pergi beristirahat. Terkadang karena padatnya aktivitas membuat orang melewatkan makan malam. Begitu akan istirahat, baru merasakan lapar dan makan tanpa memperdulikan jam. Padahal seharusnya, makan malam sebaiknya tidak melebihi jam delapan malam.

Hal ini dikarenakan tubuh perlu untuk mencerna makanan lebih dahulu sebelum tidur. Tidur dalam kondisi perut yang penuh tentunya akan memberikan dampak bagi kesehatan anda. Untuk itu, sebaiknya berhenti makan berat ketika sudah menunjukkan pukul 8 malam. Ketika anda masih merasa lapar, anda bisa mengemil camilan yang sehat. Tidak mengandung banyak lemak, kalori maupun gula seperti buah buahan.

Dengan memperhatikan jam makan yang dianjurkan, maka anda bisa memiliki metabolisme tubuh yang stabil. Anda juga bisa menjaga agar berat badan anda tetap stabil. Beberapa masalah kesehatan terkait dengan pencernaan juga bisa dihindari. Namun jadwal makan terkadang masih disepelekan oleh sebagian orang. Bahkan cenderung mengabaikan, sehingga membuat kesehatan terganggu bahkan ada beberapa yang mengalami masalah serius.

Leave a Reply