Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Yang Jarang Disadari

Tentu sudah tidak asing di telinga siapa saja tentang himbauan melakukan olahraga secara teratur. Karena memang kegiatan olahraga begitu dibutuhkan bagi setiap orang baik muda maupun tua, pria maupun wanita. Apalagi manfaat olahraga bagi tubuh itu ada banyak sekali yang memiliki dampak positif keluar maupun ke dalam. Sehingga wajar kiranya jika himbauan untuk olahraga teratur tersebut masih terus digalakkan hingga saat ini.
Bagi yang belum yakni atau belum paham benar apa saja manfaat utama dari melakukan olahraga secara rutin. Berikut ini akan disampaikan sedikit informasi singkatnya agar dapat membuka mata dan hati siapa saja yang mungkin belum tergerak untuk berolahraga secara rutin. Adapun manfaat-manfaat yang akan didapat tubuh ketika rutin melakukan olahraga antara lain sebagai berikut.
1.Menimbulkan rasa bahagia
Hormon endorfin yang akan terpicu dengan masif ketika berolahraga merupakan hal yang dapat membuat rasa bahagia seketika muncul. Itulah mengapa bagi orang-orang yang dilanda stres, melakukan olahraga merupakan jalan terbaik guna menekan rasa stresnya.
2.Menurunkan berat badan
Aktivitas olahraga jelas dapat membantu menurunkan berat badan karena pembakaran kalori yang terjadi pada saat olahraga jauh lebih optimal. Memang utamanya hal ini berlaku pada jenis olahraga dengan intensitas dan durasi tinggi, sehingga bagi yang memang mengharapkan efek penurunan berat, perlu effort lebih untuk dapat mencapainya.
3.Menjaga otot dan tulang
Otot dan tulang adalah bagian penting di dalam tubuh untuk menopang tubuh secara kuat. Dengan rutin melakukan olahraga maka tulang akan semakin kuat sehingga pengeroposan tulang dapat dilambatkan. Hal yang sama juga berlaku untuk otot yang bahkan pada beberapa orang dapat sekaligus membentuk otot mereka agar lebih indah dipandang daripada sekedar mengencangkan otot semata.
4.Meningkatkan energi
Manfaat olahraga bagi tubuh berikutnya adalah dapat meningkatkan energi tubuh yang memang diperlukan dalam menjalani berbagai aktivitas harian. Dengan meningkatnya energi tubuh maka orang yang sering olahraga teratur tidak akan cepat merasa lelah. Hal tersebut tentu amat berguna bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dalam aktivitas kesehariannya.
5.Mengurangi risiko penyakit kronis
Diyakini bahwa berbagai penyakit kronis yang selama ini menghantui merupakan akibat jangka panjang dari kurangnya aktivitas fisik. Aktivitas fisik yang dimaksud tentu saja olahraga karena berbagai gerakan olahraga memiliki manfaat yang tidak sembarangan dalam menjaga kesehatan luar dan dalam tubuh.
6.Menjaga kulit tetap kencang
Jika diperhatikan dengan seksama maka akan dengan jelas terlihat perbedaan antara orang yang rajin berolahraga dengan orang yang tidak rutin melakukannya. Biasanya yang paling jelas tampak adalah orang yang rutin olahraga akan tampak lebih muda, hal tersebut karena kulitnya terutama kulit wajah menjadi lebih kencang.
7.Menjaga fungsi otak tetap optimal
Ternyata olahraga juga memiliki fungsi yang baik bagi kesehatan otak karena peredaran darah lebih lancar serta hormon-hormon yang terkait terpicu keluar. Itulah mengapa orang yang rutin melakukan olahraga akan memiliki daya fungsi otak yang lebih utama, misalnya dalam soal mengingat sesuatu. Tentu manfaat ini baru akan terlihat saat tua dimana banyak orang yang telah mudah lupa sedangkan mereka yang rutin olahraga justru tetap tajam ingatannya.
Perlu ditekankan bahwa manfaat-manfaat olahraga di atas hanya akan benar-benar dirasakan apabila olahraganya dilakukan secara teratur alias rutin. Karena jika hanya melakukan sekali dalam satu bulan atau bahkan satu tahun, maka jelas tidak bisa dikatakan sebagai rutin olahraga.

Leave a Reply