Lapor STP Pajak Lebih Mudah, Yuk Simak Cara Registrasi Akun DJP Online

Pemerintah menetapkan adanya pembayaran pajak bagi warga negara agar bisa menikmati pelayanan publik. Setelah melakukan pembayaran pajak, wajib pajak biasanya diharuskan melapor SPT Tahunan pajak. Hal ini untuk memastikan apakah jumlah nominal yang dibayarkan sudah sesuai pajak yang diwajibkan. Saat ini, pemerintah telah menyediakan aplikasi DJP online atau E-filing untuk memudahkan pelaporan SPT pajak. Berikut ini cara registasi E-filing.

Cara Mudah Registrasi E-Filing

1. Mengajukan Permohonan Kepada DJP untuk Mendapatkan EFIN

Sebelum melaporkan SPT pajak melalui E-filing, anda harus memiliki EFIN. Nomor identitas ini diberikan oleh Direktorat Jendral Pajak kepada wajib pajak yang akan melakukan pembayaran pajak secara online. Untuk mendapatkan EFIN, orang yang bersangkutan harus mengajukan sendiri dan tidak boleh diwakilkan kepada orang lain. Setelah mendapatkan EFIN, anda harus melakukan aktivasi sebelum sampai tiga puluh hari.

2. Melakukan Registrasi Pada Layanan Pajak Online

Setelah mendapatkan EFIN, maka anda sudah bisa mendaftarkan akun pada layanan pajak online pada halaman Direktorat Jendral Pajak. Anda bisa mengunjungi penyedia layanan aplikasi ASP E-filing yang sudah ditunjuk oleh Ditjen pajak. Saat melakukan registrasi di ASP tersebut, anda harus memasukkan nomor EFIN dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang dimiliki. Selanjutnya, anda bisa masuk pada situs DJP online dan melakukan pendaftaran.

Lapor STP Pajak Lebih Mudah, Yuk Simak Cara Registrasi Akun DJP Online

3. Membuat Akun E-filing

Jika sudah memasukkan nomor EFIN dan Nomor Pokok Wajib Pajak, anda bisa melanjutkan dengan memilih tombol “verifikasi” pada situs tersebut. Selanjutnya anda diwajibkan mengisi alamat e-mail yang masih aktif digunakan beserta password untuk akun E-filing. Setelah itu, sistem akan mengirimkan NPWP, password dan link aktivasi ke alamat e-mail yang telah anda daftarkan. Anda bisa mengunjungi link yang sudah dikirimkan tersebut.

4. Melakukan login E-filing

Setelah mendapatkan tautan yang dikirim melalui E-mail, anda bisa melakukan login pada E-filing. Pada situs Direktorat Jendral Pajak, anda kemudian diminta memasukkan NPWP dan password yang sudah didaftarkan. Setelah itu anda bisa mengklik tombol login dan masuk pada halaman sistem layanan E-filing dan menyampaikan pelaporan SPT Tahunan pajak secara online dengan mudah.

5. Melaporkan SPT Pajak Tahunan Secara Online

Setelah melakukan login, anda bisa melaporkan SPT dengan memilih “E-filing” . Setelah masuk pada halaman SPT dan menjawab pertanyaan apakah anda menjalankan usaha atau pekerjaan bebas. Fasilitas upload CSV bisa anda dapatkan jika anda menjalankan usaha atau pekerjaan bebas. Namun jika tidak, anda wajib mengisi SPT satu persatu. Klik “upload CSV” dan unggah beberapa dokumen pendukung. Selanjutnya anda bisa memilih tombol “di sini”.

Sistem akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat e-mail, dan anda bisa menyalin kode tersebut pada kotak yang tersedia di halaman SPT dan mengklik “Kirim SPT”. Jika anda berhasil, maka bukti penerimaan Elektronik akan dikirimkan oleh Direktor Jenderal Pajak melalui alamat E-mail yang telah andda daftarkan.

6. Mereset Saat Lupa Password

Kejadian lupa password bisa saja terjadi, karena pembayaran pajak hanya dilakukan selama setahun sekali. Jika anda lupa password dan masih mengingat alamat E-mail yang anda daftarkan, maka anda bisa melakukkan reset password. Caranya sangat mudah yaitu masuk ke situs Ditjen Pajak, lalu pilih login.

Selanjutnya anda bisa mengklik tautan “Reset’” dan mengisi kolom yang sudah tersedia. Setelah mengisi nomor NPWP dan EFIN dan mencentang kolom “Lupa E-mail, anda akan diminta mengisi alamat email yang digunakan untuk mendaftar, kemudian mengetik kode keamanan dan anda bisa memilih submit.

Direktorat Jendral Pajak menyediakan pelayanan perpajakan secara elektronik sehingga wajib pajak bisa lebih mudah melakukan pelaporan SPT tahunan di mana saja. Anda tidak harus melakukan pelaporan SPT dengan mendatangi KKP, cukup mengakses layanan E-filing secara online. Selain itu, dengan laporan SPT pajak secara online, anda tidak perlu membawa dokumen fisik berupa kertas. Mudah bukan?

Leave a Reply