Lancarkan Proses Pencernaan, Berikut 5 Manfaat Serat yang Wajib Diketahui

Serat merupakan salah satu kebutuhan gizi yang terdiri dar tiga bentuk yang berbeda mulai dari bentuk padat, larut dan fragmentasi. Makanan dengan serat yang tinggi berasal dari sayuran dan buah buahan. Makanan berserat umumnya mudah dicari dan dapat dikreasikan dengan makanan yang lain. Biasanya makanan berserat sangat direkomendasikan bagi yang sedang menjalani program diet. Ada banyak manfaat serat bagi tubuh, berikut ulasannya

5 Manfaat Makanan Berserat bagi Tubuh yang Perlu Diketahui

1. Sumber Makanan bagi Bakteri Baik di Usus

Jumlah bakteri di dalam tubuh ternyata lebih banyak dibandingkan jumlah sel. Setidaknya ada sekitar 100 triliun bakteri yang ada di pencernaan manusia dan sebagian besar berada di usus besar. Namun tidak semua bakteri yang ada di dalam sistem pencernaan ini merugikan. Bahkan sebagian besar bakteri tersebut sangat menguntungkan dan menjaga sistem pencernaan agar bisa berfungsi dengan baik. Bakteri tersebut bisa bertahan karena adanya kandungan serat di dalam tubuh.

manfaat serat makanan kaya serat

Meskipun terdapat karbohidrat, lemak dan protein yang dianggap lebih baik, namun ketiga zat ini mudah diabsorbsi oleh darah. Sedangkan serat tidak dapat dihancurkan oleh sistem pencernaan dan lolos hingga ke usus. Di dalam usus, bakteri bakteri baik ini mencerna serat agar tetap dapat berfungsi. Sedangkan bakteri bakteri ini menghasilkan asam yang menjadi makanan bagi sel sel di usus besar. Dengan demikian, serat juga dapat mencegah peradangan pada usus.

2. Memiliki Indeks Glikemik Rendah

Indeks glikemik yang terkandung di dalam makanan beserat cukup rendah dibandingkan sumber nutrisi yang lain seperti karbohidrat. Dari hasil sebuah riset, jenis serat dengan viskositas yang tinggi bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Tak hanya itu, jenis serat ini juga dapat meningkatkan kontrol indeks glikemik. Jika anda memadukan serat larut dengan viskositas yang tinggi ke dalam daftar makanan anda, maka kadar gula di dalam darah tidak akan mengalami peningkatan.

3. Mengurangi Asupan Kalori

Tubuh yang mengkonsumsi serat yang cukup tinggi akan merasa kenyang lebih cepat serta dapat menahan lapar lebih lama. Tentunya hal ini sangat berperan dalam menurunkan asupan kalori ketika berat badan anda naik. Dalam sebuah penelitian, penambahan kadar serat di dalam tubuh akan diikuti dengan penurunan berat badan. Dengan demikian, mengkonsumsi serat secara rutin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan secara efektif.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Dari sebuah riset yang telah dilakukan sebelumnya, didapatkan hasil dimana manfaat serat bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Namun, beberapa peneliti mengatakan jika penurunan kolesterol oleh serat tidak terlalu tinggi dimana asupan serat 2 hingga 10 gram bisa mengurangi kolesterol total hingga 1,7 mg/dl. Namun tingkat keefektifan pengurangan kolesterol oleh serat tergantung dari kadar viskositas serat tersebut.

manfaat serat buah berserat tinggi kumpulan buah segar gratis

5. Mencegah Sembelit

Sembelit merupakan salah satu masalah pencernaan yang cukup mengganggu. Masalah satu ini ternyata dapat diatasi dengan mengkonsumsi serat. Kendati demikian, keterkaitan antara konsumsi serat dengan sembelit masih belum terlalu jelas. Namun dalam sebut penelitian disebutkan jika asupan serat dapat meningkatkan frekuensi feses. Sayangnya kandungan serat tidak dapat memperbaiki konsistensi feses dan rasa sakit akibat buang air besar.

Itulah beberapa manfaat kandungan serat bagi tubuh. Mengkonsumsi serat tentu harus dilakukan secara rutin untuk meningkatkan proses pencernaan dan mencegah usus besar. Namun, anda perlu mengimbangi asupan surat dengan nutrisi yang lain sehingga semua kebutuhan gizi bisa dipenuhi secara maksimal. Selain itu hindari makanan yang berbahaya bagi tubuh.

Leave a Reply