Ketika Nama Produk Menjadi Faktor Peraih Pasar

Bagi para pebisnis melakukan pemasaran tentu merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Selain melakukan pemasaran secara masif para pebisnis juga harus memikirkan nama brand atau cara pendaftaran CV yang sesuai. Penting sekali bagi para pebisnis untuk mengetahui cara pendaftaran merek dagang yang benar. Karena merek merupakan kunci untuk bisa meraih target pasar secara meluas.

Alasan Nama Merek Pengaruhi Penjualan

Seperti diketahui saat anda hendak memulai sebuah bisnis maka alangkah baiknya memikirkan nama brand terlebih dahulu, Untuk bisa memilih nama baran anda harus memperhatikan keefektifan pengucapan sehingga mudah untuk diingat oleh para konsumen. Selain nama produk anda juga harus memperhatikan kemasan produk yang akan mendukung untuk memperluas produk yang anda tawarkan.

cara pendaftaran merek dagang Ini Dia Langkah Langkah Mendaftarkan Merek Dagang ini

Nama brand memiliki peran yang sangat penting karena jika anda memilih nama merek yang sangat panjang, akan sulit untuk diingat oleh para konsumen. Untuk mengatasinya anda harus memperhatikan jumlah suku kata dari nama baran produk anda. Untuk memberikan nama produk sebaiknya gunakan hanya tiga suku kata saja. Misalnya Google yang memiliki dua suku kata, The Gelas yang memiliki dua suku kata, Canon yang memiliki dua suku kata dan merek lainnya.

Dengan memberikan nama yang singkat dan mudah diucapkan akan memperkenalkan kepada masyarakat luas mengenai brand yang anda tawarkan. Untuk memilih nama produk ada baiknya anda tidak menggunakan nama yang sulit atau bahasa yang sulit. Hal ini akan membuat masyarakat tidak mudah mengingat. Selain susah diingat, nama yang menggunakan bahasa asing akan sulit untuk diucapkan. Sehingga brand atau produk anda tidak akan dikenal di masyarakat.

Anda juga harus memperhatikan warna kemasan dan desain kemasan yang anda buat untuk brand anda. Hal ini karena akan mempengaruhi pengenalan nama produk dengan warna yang identik. Misalnya saja saat orang mengatakan nama Gojek, tentu anda akan langsung terbayang warna hijau atau driver Gojek. Hal ini lah yang menjadi peran penting sebagai identitas nama brand yang sudah anda rintis untuk kedepannya.

Cara Mudah Untuk Melakukan Pendaftaran Merek Dagang

Jika anda ingin mendaftarkan nama merek dagang anda agar mendapatkan perlindungan, ada baiknya anda melakukan pengecekan nama brand terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari nama merek yang sama dan sudah dirintis oleh orang lain. Jika sudah melakukan cek maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan persyaratan pendaftaran yang diperlukan. Diantaranya adalah KTP, contoh merek dagang, surat pernyataan hak kepemilikan, daftar produk yang diberi merek.

cara mendaftarkan merek dagang

Jika semua berkas tersebut sudah anda siapkan maka langkah selanjutnya adalah mengajukan permohonan pendaftaran merek dagang ke Direktorat jenderal Kekayaan Intelektual di kantor wilayah terdekat. Anda juga bisa melakukan pendaftaran merek dagang secara online dengan mengunjungi website resmi Direktorat Jenderal. Selanjutnya pemohon diharuskan mengisi formulir untuk pendaftaran merek kepada Menteri Hukum dan HAM sebanyak dua rangkap.

Setelah itu anda bisa mengisi formulir dan mengisi perlengkapan dokumen persyaratan. Kemudian pemohon pengajuan merek akan bisa diumumkan selama kurang lebih 15 hari sejak anda mendaftar. Selama masa pengumuman dua bulan, pihak lain bisa mengajukan keberatan atas merek dagang yang sudah diajukan. Untuk lebih lengkap cara pendaftaran merek dagang bisa langsung di cek di website resmi Direktorat Jenderal.

Itulah ulasan mengenai nama produk yang sangat mempengaruhi harga jual di pasaran. Agar merek anda memiliki perlindungan hukum, maka segera lakukan pendaftaran merek baik secara manual atau secara online. Anda akan memiliki banyak sekali keuntungan jika segera mandaftarkan merek yang anda miliki di masa depan. Merek anda tidak akan ada yang menyamai, meskipun ada yang menyamai merek anda tetaplah legal.

Leave a Reply