Ketahui Keunggulan dan Kekurangan Serta Tempat Beli Bitcoin di Indonesia

Mungkin beberapa dari anda belum mengetahui apa itu bitcoin. Bitcoin digadang-gadangkan sebagai mata uang digital yang bisa menghasilkan uang dengan cepat. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 setelah jatuhnya pasaran perumahan. Sampai sekarang, identitas pencipta bitcoin masih menjadi misteri. Yang menarik dari bitcoin adalah penawaran biaya transaksi yang lebih rendah dari mekanisme pembayaran online dan dioprasikan oleh otoritas desentralisasi, sehingga tidak sama dengan mata uang yang dikeluarkan pemerintah.

Bitcoin tidak memiliki bentuk fisik, hanya berupa saldo yang disimpan dalam buku besar publik. Aksesnya bisa dilihat siapapun sehingga bersifat transparan. Semua transaksi bitcoin diverifikasi oleh daya komputasi. Bitcoin juga tidak didukung dan diterbitkan oleh bank maupun pemerintah manapun. Serta, bitcoin individu tidak berharga sebagai komoditas. Meskipun bitcoin tidak termasuk ke dalam alat pembayaran yang sah, grafik bitcoin sudah sangat populer dan memicu peluncuran berbagai mata uang virtual lainnya.

Keunggulan dan Kekurangan beli bitcoin di indonesia

Di indonesia sendiri, bitcoin telah mencapai masa popularitasnya. Banyak orang yang kini telah menaruh asetnya ke bitcoin. Mereka melakukannya berdasarkan bahwa bitcoin bisa menjadi suatu investasi jangka panjang mengingat harganya yang selalu naik. Untuk beli bitcoin di indonesia, anda bisa melakukannya di web atau aplikasi yang menyediakan mata uang virtual. Meski antara satu web dan lainnya memiliki harga berbeda, umumnya harganya tidak memiliki selisih yang jauh. Saat ini, harga bitcoin telah menginjak sekitar 437ribu rupiah. Bayangkan jika sedari dulu anda sudah menabung dalam bentuk bitcoin, tabungan anda bisa bertambah banyak seiring dengan harga bitcoin yang mengalami kenaikan. Meski dinilai sedang naik daun, anda juga harus tahu bahwa setiap suatu hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan bitcoin diantaranya adalah transaksi aman dan bisa dilakukan kapan saja. Setelah memiliki bitcoin anda bisa mentransfernya tanpa kenal waktu. Bitcoin juga tidak mengenal biaya transaksi. Selain itu, transaksi juga tidak mengandung data pribdari seperti nama, nomor CC, sehingga kecil kemungkinan terjadi pencurian data diri. Keunggulan lainnya adalah potensi tumbuh yang besar. Banyak investor yang membeli dan menahan mata uang virtual serta bertaruh bahwa setelah bitcoin matang, banyak orang akan mulai melirik mata uang virtual. Kenyataannya, hal itu benar-benar terjadi. Kelebihan lainnya adalah bisa terhindar dari krisis keuangan yang terjadi pada mata uang pemerintah. Oleh karena itu, pemilik bitcoin tidak akan terpengaruh karena mata uang virtual seperti bitcoin tidak dibawah kendali bank ataupun di bawah otoritas pemerintah.

Keunggulan dan Kekurangan beli bitcoin di indonesia ini

Selain kelebihan, bitcoin juga tetap memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan bitcoin adalah adanya gejolak harga. Pada tahun 2017 bitcoin mengalami lonjakan harga. Sehingga anda harus benar-benar pandai memprediksi kapan saat yang tepat untuk membeli mata uang virtual ini. Selain lonjakan harga, bitcoin juga rentan dengan masalah peretasan. Dompet bitcoin merupakan sasaran yang menarik para peretas. Pada bulan Mei 2019, dunia mata uang virtual sempat heboh atas terjadinya peretasan profil yang memiliki lebih dari 40 juta USD bitcoin. Hal ini sempat menggegerkan para pengguna bitcoin. Tidak sedikit yang memilih menarik diri dari dunia tersebut. Jika anda masih tertarik bermain bitcoin tapi belum tahu dimana tempat untuk beli bitcoin di indonesia, anda bisa mengunjungi beberapa website seperti bitcoind.co.id, zipmex.co.id, dan luno.com. Di situs-situs tersebut, anda bisa melakukan berbagai macam dengan fitur yang disediakan seperti menjual dan membeli bitcoin.

Leave a Reply