Ketahui Bahaya Resiko Patah Tulang Rusuk dan Ciri-Cirinya

Tulang rusuk berfungsi sebagai pelindung rongga dada dan organ vital yang ada di dalamnya. Organ vital yang dilindungi langsung oleh tulang rusuk adalah paru-paru dan jantung. Di bagian bawah tulang rusuk juga terdapat organ tubuh yang tidak kalah penting seperti ginjal, hati, dan limpa. Karena itu, tulang rusuk termasuk bagian yang penting dalam tubuh. Patah tulang rusuk bisa terjadi dan termasuk cedera umum dimana salah satu tulang ada yang retak atau patah. Umumnya, patah tulang rusuk disebabkan karena benturan yang sangat keras. Benturan tersebut bisa terjadi karena jatuh, olahraga, dan kecelakaan yang membuat bagian dada terbentur benda asing. Kegiatan-kegiatan ekstrem lainnya juga meningkatkan terjadinya resiko patah tulang rusuk. Oleh karena itu, pastikan anda memakai pelindung lengkap saat melakukan kegiatan ekstrem. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri patah tulang rusuk yang harus diwaspadai.
Jika anda mengalami benturan di bagian dada terutama setelah melakukan aktivitas ekstrem atau kecelakaan, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter. Terlebih lagi jika anda mengalami nyeri di dada seperti nyeri saat mengambil nafas dalam, tersentuh, batuk, sakit semakin terasa saat menggerakkan atau memutar badan serta munculnya memar di area dada. Segera periksakan diri anda ke dokter karena dikhawatirkan ada tulang rusuk yang retak atau patah. Apa bahayanya jika tulang rusuk yang patah tidak segera mendapat penanganan yang tepat? Memang benar jika kasus patah tulang rusuk biasanya hanya berupa retak belaka. Keretakan tulang sangat jarang memicu komplikasi. Namun, lain cerita jika jumlah rusuk yang patah cukup banyak. Pada kondisi ini, penderita bisa terkena komplikasi penyakit lain. Selain itu, bagian tepi tulang rusuk yang patah bisa berbentu tajam. Hal ini sangat membahayakan organ tubuh di sekitar tulang yang patah karena ada kemungkinan tulang tersebut bisa menusuknya. Anda perlu mewaspadai bagianmana tulang rusuk yang patah. Berikut adalah beberapa bahaya patah tulang rusuk menurut lokasinya.
Jika patah tulang rusuk di bagian dada ata, ujung tulang yang tajam ada kemungkinan merobek atau menusuk pembuluh darah besar yang terletak di dalam rongga dada. Jika hal ini terjadi, maka bisa terjadi perdarahan dalam yang sangat serius dan mengancam nyawa. Selanjutnya adalah bahaya patah tulang rusuk terletak di bagian tengah dada. Jika hal ini terjadi, ujung patahan tulang yang tajam beresiko melukai paru-paru. Hal ini tidak kalah berbahaya mengingat paru-paru merupakan salah satu organ vital manusia. Terakhir adalah bahaya patah tulang rusuk bawah dada. Terdapat beberapa organ penting di bagian bawah dada seperti hati, ginja, dan kelenjar limpa. Ujung tulang yang runcing bisa melukai organ-organ tersebut dan menimbulkan komplikasi penyakit. Waktu pemulihan patah tulang rusuk sekitar 6 sampai 12 minggu, tergantung dari seberapa parah patah tulang yang dialami. Umumnya, orang yang terkena patah tulang rusuk adalah orang yang suka aktvitas ekstrem atau pasca kecelakaan. Jika anda pengendaran motor, sebaiknya anda lebih hati-hati karena benturan di dada lebih mudah dialami pengendara motor saat kecelakaan sehingga meningkatkan resiko patah tulang rusuk. Selalu gunakan pelindung lengkap dan pakaian yang memadai saat mengendarai motor. Mengenakan jaket tebal juga bisa meredam benturan dada meski hanya kecil. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Jika sudah terlanjur kejadian, kebanyakan manusia hanya bisa menyesal.

Leave a Reply