Kenali Jenis-Jenis Motor untuk Medan Offroad Beserta Rekomendasinya

Mengendarai motor di medan offroad memang tantangan tersendiri. Banyak orang yang menjadikannya sebagai hobi. Motor yang digunakan di medan terjal tentu berbeda dengan motor yang kita lihat sehari-hari. Motor yang digunakan di medan terjal disebut dengan motor offroad karena digunakan di luar jalanan halus.

Biasanya motor jenis ini memiliki mesin yang lebih tahan banting dan juga body tinggi. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan motor dengan medan yang ditempuh. Motor jenis offroad biasa digunakan di medan terjal dan juga dikenal dengan sebutan motor trail. Adapun medan terjal yang biasa ditempuh adalah seperti jalanan berbatu, halanan di perbukitan, hingga jalanan yang harus melewati air. Berikut adalah beberapa jenis motor yang bisa digunakan di medan offroad.

1.Dual Purposes

Motor jenis ini bisa digunakan di medan offroad maupun di jalanan normal. Tidak heran jika motor dual purposes lebih mahal karena kemampuannya yang bisa digunakan di dua medan. Meski tergolong motor hybrid, ternyata motor jenis dual purposes juga bisa menerabas medan terjal dan genangan air. Namun, mengendalikan motor ini di genangan air butuh skill tinggi. Sehingga anda yang mencoba-coba melewati medan offroad sebaiknya tidak langsung mengambil medan yang terdapat genangan airnya.

motor offroad

2.Play Bike

Untuk pecinta medan offroad, anda bisa memilih jenis play bike. Motor jenis ini memiliki profil serta profil motor trail. Umumnya motor ini digunakan untuk pemula yang ingin melewati jalur offroad. Karena digunakan untuk pemula, maka medan yang dilalui juga tidak terlalu terjal. Oleh karena itu motor play bike tidak bisa digunakan untuk balapan. Bahkan, di beberapa medan yang terlalu terjal motor ini juga kurang memadai. Itulah alasannya kenapa motor ini digunakan untuk pemula offroad saja sehingga medan yang dilalui juga tidak terlalu terjal.

3.Motor Kompetitif

Motor ini merupakan motor trail yang bisa digunakan untuk ajang kompetisi. Biasanya motor kompetitif memang digunakan di ajang kejuaraan. Anda pasti pernah melihat kompetisi motor offroad dimana pengendara motor harus melewati medan terjal seperti tanjakan, genangan air, kelokan tajam, turunan curam, bahkan medan yang tidak rata. Nah, jenis motor ini adalah motor yang digunakan di kompetisi tersebut.

motor offroad ini

4.Motorcross

Motorcross merupakan tingkat tertinggi motor trail. Di Indonesia, jika anda memiliki motor ini bisa dibilang anda adalah seorang profesional. Harga motor ini sangat mahal dan dilengkapi dengan berbagai fitur. Meskipun harganya mahal, banyak orang yang ternyata mampu membeli jenis motor ini. Meskipun begitu, rata-rata mereka tidak menggunakannya di jalanan namun hanya untuk koleksi saja.

Jika anda tertarik untuk membeli motor trail, anda mungkin bisa membeli dengan harga yang paling murah terlebih dahulu. Untuk motor trail dibawah 20 juta, anda bisa memilih merk SM Sport GY 150. Harga motor trail ini cukup murah yaitu 19 jutaan saja. SM Sport merupakan kompetitor ketat merk CRF dan KLX. Motor ini direkomendasikan karena harganya tergolong murah untuk ukuran motor trail namun kekuatannya menerabas medan offroad sudah tidak diragukan lagi. Jika anda mencari motor trail yang umum ditemukan, anda mungkin bisa memilih keluaran Honda. Semua orang pasti tahu pabrikan motor ini. Tidak hanya memproduksi motor matic atau bebek saja, honda juga mengeluarkan seri motor trail. Jika anda memiliki budget sedikit lebih tinggi, anda bisa membawa pulang Honda CRF150L dengan harga sekitar 34 jutaan saja.

Leave a Reply