Kamu Harus Tahu, Perbandingan Tarif Dan Biaya Jasa Kirim Paket Di Indonesia

Bagi kamu yang suka dan sering beberlanja melalui online shop atau marketplace, kamu pasti sudah akrab dengan yang namanya jasa pengiriman barang. Selain lebih efektif dalam waktu, jasa kirim paket ini juga memberikan potongan dan keuntungan lebih jika mengirim dalam jumlah yang lebih banyak. Juga ada garansi-garansi yang disediakan.

Jasa pengiriman juga menjadi andalan bagi perusahaan besar untuk melakukan distribusi apalagi untuk tempat pengiriman yang jauh. Beberapa alsan tersebut menjadikan bisnis pengiriman ini sudah banyak dilakukan. Agar kamu tidak bingung, berikut sudah disediakan list perbandingan tariff antar jasa pengiriman. Contoh yang diambil berdasarkan tarif pengiriman barang dari Jakarta ke bandung dengan berat barang 1 kg saja.

Penyedia Jasa Layanan Pengiriman Barang

1. JNE

Jalur Nugraha Ekakurir atau biasa dikenal dengan nama JNE merupakan salah satu jasa kirim barang yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1990 dan berpusat di Jakarta.

Pengiriman barang ini menawarkan 4 tipe layanan pengiriman yaitu, OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) yang waktu estimasi kedatangan branag sekitar 2-3 hari dengan tariff hanya sepuluh ribu rupiah. Lalu ada pengiriman dengan layana REG atau regular dengan estimasi barang sampai antara satu sampai 2 hari dengan tariff 11 ribu. Lalu ada YES (Yakin Esok Sampai), sesuai namanya barang yang dikirim akan sampai di esok hari dengan tarif 22.000 rupiah. Terakhir Super Speed (SS) langsung sampai hari itu juga dengan tariff 400 ribuan.

Kamu Harus Tahu, Perbandingan Tarif Dan Biaya Jasa Kirim Paket Di Indonesia

2. Pos Indonesia

Pos Indonesia yang memiliki sejarah panjang, tetapi bertahan sampai sekarang dan mengikuti perkembangan dunia jasa pengiriman. Kantor Pos Pertama didirikan di Jakarta (Batavia) pada tahun 1746 dengan tujuan utama yaitu menjamin kemanana surat-surat penduduk. PT. Pos Indonesia mulai berkembang dan berusaha eksis dengan juga menambahkan layanan jasa kirim barang.

Untuk jasa pengiriman tersebut, Pos Indonesia memiliki beberapa jenis layanan, Yaitu adalah Surat Kilat Khusus dan Express Next Day. Untuk tarif dari Jakarta ke bandung dengan berat barang 1 kg, dikenakan tarif lima belas ribu rupiah dengan estimasi barang sampai 2 sampai 4 hari untuk layanan Surat Kilat Khusus. Sedangkan untuk layanan Express Next Day, dikenakan tarif yang tidak berbeda jauh yakni hanya 18 ribu rupiah saja dengan estimasi sampai keesokan harinya.

3. RPX Holding

Perusahaan ini berpusat di bagian Jakarta Selatan. RPX yang merupakan perusahaan asal Amerika yang melebarkan sayapnya di Indonesia, tidak hanya melayani jasa pengiriman dalam negeri tetapi juga skala Internasional. RPX mendapatkan penghargaan 9 kali berturut dari Japan Airlines karena pengirimannya yang tidak pernah terjadi kecelakaan.

Perusahaan penyedia layanan jasa kirim paket satu ini menawarkan 5 Jenis layanan yaitu SAMEdAY Package dengan estimasi sampai hari itu juga dengan tarif 350 ribu rupiah. Lalu ada MidDay Package dengan tarif 28 ribu dan estimasi sampai 1 hari. Selain MidDay, juga ada Next Day Package yang estimasinya sama yaitu 1 hari tetapi sedikit lebih lama. Selain itu juga ada Regular Package dengan estimasi barang sampai selama 2 sampai 4 hari dan yang terakhir ada Retail Package dengan tarif 13 ribuan dengan estimasi empat sampai 6 hari.

Tarif-tarif yang sudah dijelaskan dan disebutkan adalah tarif pengiriman dari kota Jakarta ke kota bandung dengan berat barang sebesar 1 kilo gram. Contoh perbandingan tersebut bisa kamu gunakan dalam memilih jasa pengiriman barang yang paling tepat buat kamu. Setiap layanan pengiriman juga memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing

Leave a Reply