Ini Dia Bahaya Kelebihan Vitamin untuk Tubuh Menurut Jenisnya

Vitamin adalah salah satu zat yang diperlukan tubuh yang berguna untuk menunjang dan menjaga fungsi sel. Vitamin berperan menjaga sel dan kesehatan sesuai dengan jenisnya. Misalnya, vitamin E berperan untuk memelihara kesehatan kulit, vitamin D berguna untuk menjaga kesehatan tulang, vitamin A mampu menjaga kesehatan mata, dan vitamin C untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Vitamin bisa diperoleh dari makanan dan juga suplemen. Namun, konsumsi vitamin yang berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Kondisi kelebihan vitamin dalam tubuh disebut hypervitaminosis. Bahayanya beragam untuk tubuh terganting dari jenis vitamin yang berlebih. Berikut adalah beberapa bahaya kelebihan vitamin berdasarkan jenisnya.
Yang pertama adalah vitamin A. Vitamin A memiliki beragam manfaat untuk tubuh seperti menjaga kesehatan mata serta kulit. Tapi, jika anda mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan ternyata berbahaya untuk tubuh. Konsumsi vitamin A secara berlebihan bisa menyebabkan peningkatan resiko pengeroposan tulang atau osteoporosis. Bahkan, ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa jika mengkonsumsi vitamin lebih dari 1,5 miligram perhari dalam kurun waktu lama dapat meningkatkan resiko patah tulang. Jika anda sering mengkonsumsi makanan seperti susu, telur, hati, dan minyak ikan sebaiknya anda tidak usah mengkonsumsi suplemen vitamin A. Karena makanan yang disebutkan di atas mengandung vitamin A tinggi.
Jenis vitamin selanjutnya adalah vitamin B. Vitamin B dibagi menjadi vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12. Fungsi vitamin B sangat beragam, seperti menjaga kesehatan saraf sampai membantu pembentukan sel darah merah. Makanan yang mengandung vitamin B tinggi adalah kacang-kacangan, sayuran, telur, buah-buahan, dan hati. Konsumsi vitamin B secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan hati, mual, kulit perih dan kemerahan. Selanjutnya adalah vitamin C. Makanan yang mengandung vitamin C tinggi adalah brokoli, jeruk, dan kentang. Fungsi utama vitamin C yaitu untuk memelihara daya tahan tubuh serta mempercepat proses penyembuhan luka. Kelebihan vitamin C dalam tubuh bisa menyebabkan mual, diare, muntah, dan sakit perut. Berikutnya adalah vitamin D. Berbeda dengan vitamin-vitamin yang lain, kulit manusia mampu memproduksi vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Vitamin D juga bisa diperoleh dari makanan seperti minyak ikan, telur, hati, dan daging merah. Fungsi vitamin D adalah untuk membantu penyerapan kalsium agar kesehatan tulang, otot, dan gigi terjaga. Kelebihan konsumsi vitamin D bisa menyebabkan penumpukan kalsium di darah, arteri, serta jaringan lunak. Beberapa orang bahkan dilaporkan terkena batu ginjal akibat kelebihan vitamin D.
Vitamin yang terakhir adalah vitamin E. Beberapa makanan yang tinggi vitamin E adalah minyak sayur, buah-buahan, seral, telur, dan daging ayam. Manfaat vitamin E yaitu untuk menjaga kesehatan kulit serta jaringan tubuh. Kelebihan vitamin E dalam tubuh bisa menyebabkan munculnya ruam, memar, dan juga sakit kepala. Selain itu, beberapa penelitian mengatakan bahwa kelebihan vitamin E dalam jangka panjang ternyata meningkatkan resiko stroke. Sekarang, anda sudah tahu apa saja bahaya kelebihan vitamin menurut jenisnya. Meski memang bagus dan diperlukan tubuh, hendaknya konsumsi vitamin dalam batas wajar. Misalnya, jika anda sudah mengkonsumsi berbagai makanan sehat, anda tidak perlu minum suplemen vitamin. Namun, jika rata-rata makanan yang anda konsumsi merupakan makanan yang kurat sehat atau jadwal anda tidak teratur, anda boleh mengkonsumsi suplemen vitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang kurang.

Leave a Reply