Ini DIa Amunisi Baru Digitalisasi Perbankan Dari BRI

BRI melalui salah satu halaman blog di BRI teknologi blog milik mereka mencoba memperkenalkan salah satu amunisi baru atas upaya digitalisasi perbankan yang sedang mereka jalankan dan kembangkan. Amunisi baru yang dimaksud disebut dengan sebutan Apigee.

Mereka menekankan bahwa untuk meningkatkan dan mengoptimalkan proses digitalisasi perbankan dari BRI, mereka harus memanfaatkan beragam platform ketika developing alias mengembangkan produk-produk digital milik mereka. Dari sekian banyak platform yang mereka manfaatkan, salah satunya adalah yang punya peran begitu besar dalam proses digitalisasi perbankan, yaitu Apigee.

Diluncurkan sejak bulan April tahun 2018 lalu, Apigee disebut-sebut sebagai suatu platform yang digunakan untuk mengembangkan dan juga mengelola API alias application programming interface. Apigee dipilih karena menawarkan beragam macam fitur yang dapat mempermudah pengembang alias developer untuk mengelola full lifecycle API management sejak tahap desain sampai tahap analisis.

DIa Amunisi Baru Digitalisasi BRI teknologi blog

Sebetulnya BRI sudah memanfaatkan platform Apigee tersebut semenjak awal release open API milik BRI yang mereka sebut BRIAPI. Adapun alasan-alasan yang dijadikan dasar dipilihnya platform Apigee antara lain sebagai berikut.

1.Terjamin kredibilitasnya karena merupakan salah satu produk yang diluncurkan oleh raksasa teknologi dunia, yaitu Google.

2.Banyaknya komunitas pengguna platform Apigee yang cukup aktif

3.Tersedianya tim support yang begitu membantu

4.Dapat dimanfaatkan secara on-premises

5.Fitur yang Apigee tawarkan cukup sesuai dengan kebutuhan dari upaya digitalisasi perbankan BRI

6.Menjadi platform yang kaya akan penghargaan, salah satunya memenangkan penghargaan Magic Quadrant dalam kelompok Full Life Cycle API Management sebanyak lima kali berturut-turut

Dengan alasan itu, maka jelas cukup kuat alasan mengapa dipilihnya platform tersebut oleh BRI. Apalagi sejak pertama kali digunakan, Apigee sudah secara nyata memberikan kontribusi positif dalam upaya digitalisasi perbankan BRI. Kontribusi nyata yang dimaksud berkat fungsi-fungsi utama dari Apigee yang secara apik sesuai dengan apa yang diharapkan. Adapun fungsi-fungsi yang dimaksud antara lain sebagai berikut.

DIa Amunisi Baru Digitalisasi BRI teknologi blog

1.Design

Dalam tahap pertama ini, akan dilihat terlebih dahulu apakah produk-produk yang BRI miliki pada sistem internal yang lama sudah sesuai dengan standarisasi produk. Misalnya jika masih ada produk yang berbasis XML dapat dengan mudah diubah berkat adanya Apigee.

2.Development

Pada tahap berikutnya yaitu tahap development alias pengembangan, Apigee memiliki fitur yang mempermudah proses pengembangan itu sendiri. Contohnya, Apigee mendukung banyak sekali bahasa pemrograman seperti misalnya Java, Javascript, maupun Python. Apigee pun sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang dapat digunakan dengan praktis, sehingga tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dari BRI.

3.Publish

Tahap berikutnya yaitu mempublikasikan API yang sudah dikembangkan ke publik secara luas. Pada tahap satu ini, Apigee sudah memberikan fasilitas CMS alias content management system. Dengan adanya CMS maka akan sangat membantu proses pembangunan website Developer Portal BRI karena interface yang ada dapat menyesuaikan branding BRI itu sendiri.

4.Analisis

Terakhir adalah analisis, Apigee sudah menyertakan fitur guna melakukan pemantauan terhadap traffic, error rate, dan tentu saja success rate dari suatu API. Fitur-fitur tersebut sangat membantu guna bisa selalu responsif apabila terjadi kendala tertentu pada API dari BRI.

Dengan adanya Apigee, ditekankan kembali dalam laman blog pada BRI teknologi blog bahwa Apigee bisa dikatakan sebagai jantung digitalisasi perbankan yang BRI sedang lakukan. Tetapi mereka cukup yakin dan percaya bahwa Apigee merupakan pilihan yang tepat dan justru menjadi salah satu penentu kesuksesan atas upaya digitalisasi perbankan itu sendiri.

Leave a Reply