Hilangkan Virus Corona, Berikut Manfaat Detergen di Masa Pandemi

Memasuki masa pandemi seperti ini, masyarakat dihimbau untuk mengurangi intensitas keluar rumah. Karena dikhawatirkan mempermudah virus corona bisa menyebar ke orang-orang yang sedang berkumpul. Selain itu, masyarakat juga diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan badan terutama pakaian yang sering dikenakan saat sedang aktivitas. Untuk membersihkannya maka dibutuhkan detergen. Berikut akan diulas manfaatnya.

Manfaat Sabun Pembersih

1. Mampu Membunuh Virus dan Bakteri

Kandungan yang ada di dalam sabun pembersih satu ini adalah sodium tripolyphospate yang berguna untuk menurunkan tegangan permukaan pakaian yang dicuci. Kemudian ada carboxy metyl cellulose yang berguna untuk mengikat kotoran-kotoran sehingga tidak melekat kembali setelah dicuci. Peneliti bidang mikrobiologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Sugiyono Saputra juga sepakat dengan ini.

Manfaat Detergen di Masa Pandemi laundry

Ia mengatakan bahwa sabun pembersih ini dapat menghancurkan virus corona karena mengandung zat kimia sodium hypochlorite. Bahkan, dengan zat kimia tersebut tak hanya virus corona yang dapat dihancurkan. Beberapa virus pun akan mati jika terkena senyawa sodium hypochlorite. Hal ini dikarenakan beberapa kandungan tersebut memiliki zat yang mampu menghancurkan pembungkus pada tubuh virus.

Dengan hancurnya pembungkus dari virus tersebut, maka virus bisa menjadi tidak aktif kembali alias lumpuh. Senyawa kimia tersebut memang bisa membunuh virus dan bakteri, bahkan kemampuan zat tersebut disejajarkan dengan kemampuan alkohol 70 persen. Alasan itulah yang membuat benda pembersih ini bisa melumpuhkan berbagai macam virus termasuk virus corona yang sedang mewabah ini.

2. Sabun Pemutih Lebih Ampuh Bunuh Virus

Sabun pembersih dengan tingkat sodium hypochlorite atau natrium hypochlorite yang cukup pekat, ternyata lebih efektif untuk membunuh virus. Untuk bisa mengetahuinya sangatlah mudah, anda cukup melihat warnanya saja. Semakin putih sabun pembersih yang anda gunakan tersebut, maka semakin pekat pula tingkat senyawa kimia sodium hypochlorite atau natrium hypochlorite dalam sabun pembersih tersebut, begitu juga sebaliknya.

Manfaat Detergen Masa Pandemi

Cairan pemutih ini biasanya juga dijadikan sebagai campuran cairan disinfektan. Sehingga tidak dapat diragukan lagi kalau benda satu ini bisa membantu untuk membunuh virus. Meski demikian, belum ada penelitian yang lebih spesifik terkait dengan kandungan sodium hypochlorite yang ada di dalam benda pembersih ini sehingga dapat membunuh virus corona. Namun, benda satu ini bisa menjadi alternatif untuk membersihkan pakaian anda dari berbagai macam virus.

Kemampuannya untuk mengusir virus ini memang disebut setara dengan alkohol 70 persen. Sementara WHO sendiri menganjurkan untuk melawan virus corona dengan kadar ethanol 80%. Biasanya memang kadar ethanol ini terdapat di hand sanitizer yang bisa digunakan untuk menghilangkan kuman di tangan. Tapi, dengan menggunakan detergen ini anda bisa menghilangkan kuman-kuman yang menempel pada pakaian anda.

Saat anda baru dari luar rumah, anda bisa mencuci pakaian anda menggunakan sabun satu ini. Campurlah menggunakan air bersih, agar kuman atau virus yang ada di pakaian anda bisa hilang. Ingat juga, semakin putih sabun pembersih ini maka semakin pekat pula kandungannya dan bisa lebih efektif untuk membunuh berbagai virus dan kuman. Tapi, jangan digunakan untuk membersihkan tubuh anda. Karena benda ini tidak cocok untuk tubuh, melainkan hanya dipergunakan untuk pakaian.

Manfaat dari sabun pembersih ini memang masih belum teruji secara klinis, namun banyak orang sudah percaya bahwa dengan menggunakan sabun pembersih satu ini bisa menghilangkan kuman di pakaian. Oleh karena itu, tiap kali mencuci pakaian campurkan benda satu ini menggunakan air untuk membersihakan pakaian anda. Sedangkan untuk kebersihan tubuh anda harus menggunakan sabun atau cairan antiseptik.

Leave a Reply