Gaji Cepat Habis? Yuk Simak Cara Mengatur Keuangan dengan Tepat

Tanggal gajian merupakan waktu yang dinantikan bagi para karyawan. Setelah bekerja keras selama sebulan, mendapatkan gaji sama halnya mendapatkan energi sehingga lebih bersemangat untuk bekerja. Namun, banyak karyawan yang masih kesulitan untuk mengatur gaji. Alhasil gaji cepat habis meskipun kebutuhan yang masih banyak yang belum dipenuhi. Berikut ini cara mengatur keuangan agar gaji yang diperoleh bisa mencukupi kebutuhan.

Tips Mengelola Keuangan Secara Tepat

1. Membayangkan Masa Pensiun

Membayangkan diri ketika berada di usia pensiun bisa membantu anda untuk mengelola keuangan dengan baik. Setiap orang pasti tidak ingin jika usia tua masih harus menganjalani keadaan yang sulit. Kondisi fisik dengan tenaga yang terbatas akan membuat anda kesulitan bekerja. Masa pensiun harus dipersiapkan dengan baik sejak masa muda. Dengan membayangkan masa tua, anda akan terpacu untuk mengelola keuangan dengan baik.

2. Mengelola Gaji dengan Prinsip 50-20-30

Mengelola Gaji dengan baik dapat dilakukan dengan menerapkan prinsip 50-20-30. Cara ini dapat dilakukan dengan menganggarkan 50% dari gaji untuk biaya kehidupan sehari-hari seperti makan, transportasi, tagihan listrik termasuk tagihan kartu kredit. Selanjutnya anda bisa menyisihkan 20% dari gaji untuk ditabung dan diinvestasikan sebagai dana darurat. Sedangkan 30% bisa disisihkan untuk liburan, nonton film, berbelanja atau mencari hiburan.

Gaji Cepat Habis Yuk Simak Cara Mengatur Keuangan dengan Tepat ini

3. Menghemat Biaya untuk Makan

Banyaknya restoran dengan berbagai menu makanan yang baru, merupakan salah satu godaan yang sulit dihindari. Harga makanan tersebut seringkali menyebabkan kondisi keuangan anda kritis. Jika sekali dua kali mengkonsumsi makanan di restoran mungkin tidak masalah, namun mengunjunginya hampir setiap hari bisa menyebabkan alokasi gaji lebih banyak terkuras di makanan. Cara mengatur keuangan dapat dilakukan dengan membatasi ke restoran.

4. Menghindari Belanja yang Berlebihan

Sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, ada baiknya anda menyusun daftar barang yang memang harus dibeli terlebih dahulu. Prioritaskan barang yang memang benar-benar dibutuhkan, dan hindari membeli barang hanya karena sekedar keinginan saja. Jika pada akhirnya barang yang dibeli tidak berguna, maka anda hanya membuang-buang uang yang anda punya. Padahal uang tersebut bisa saja digunakan untuk keperluan yang lebih penting.

5. Memanfaatkan Diskon dan Promo

Beberapa perusahan biasanya menetapkan promo untuk produk yang baru saja dikeluarkan. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Namun, ada baiknya tetap memilih jenis promo yang menguntungkan. Hindari memakai promo yang justru membuat pengeluaran membengkak. Anda juga bisa memanfaatkan peluang ini dengan membeli nya dalam jumlah yangbanyak untuk dijadikan stok atau menjualnya kembali kepada orang lain.

Selain promo, anda juga bisa mencari barang yang memberikan diskon untuk setiap pembeliannya. Dengan begitu anda bisa mengurangi pengeluaran sehingga dapat menyisihkan sisanya untuk kebutuhan yang lain. Agar lebih update tentang barang diskon, anda bisa mengunduh aplikasi groupon, dealoka atau sejenisnya.

6. Mengontrol Penggunaan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit untuk berbelanja memang sangat memudahkan para pecinta belanja. Namun kartu kredit yang tidak dikontrol bisa menyebabkan gaji anda lebih cepat habis. Apalagi penggunaan kartu kredit yang menetapkan bunga untuk biaya administrasi. Kebiasaan memakai kartu kredit saat belanja bisa membuat anda membeli barang tanpa pikir panjang. Dengan begitu, anda akan kesulitan menyisihkan uang untuk ditabung.

Kegiatan mengatur keuangan memang sulit dilakukan, apalagi jika anda termasuk orang yang suka makan dan berbelanja. Gaji yang baru saja diterima bisa saja hanya numpang lewat. Perlu diingat bahwa dengan mengatur uang secara tepat, kondisi keuangan anda akan lebih stabil. Selain itu, anda juga bisa menyisihkan uang untuk ditabung dan diinvestasikan. Dengan begitu, keuangan anda di masa depan akan lebih terjamin.

Leave a Reply