Dapat Memicu Gejala Anemia, Yuk Simak Akibat Kekurangan Vitamin B

Vitamin menjadi salah satu unsur esensial yang dibutuhkan oleh tubuh meskipun dalam jumlah yang tidak banyak. Terdapat beberapa jenis vitamin diantaranya vitamin B yang merupakan vitamin larut dalam air. Vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 hingga B12. Vitamin B berperan dalam memelihara kesehatan otot dan membentuk sel darah merah dan masih banyak lagi. Akibat kekurangan vitamin B sangat berbahaya bagi tubuh, sebagaimana berikut ini.

Dampak Kekurangan Vitamin B yang Perlu Diwaspadai

1. Vitamin B1

Tubuh setidaknya membutuhkan vitamin B sekitar 1 sampai 1,4 mg dalam sehari. Kurangnya asupan vitamin B bisa menyebabkan penyakit Wernicke dan beri beri. Penyakit Wernicke merupakan jenis penyakit yang mempengaruhi sistem saraf dan mengakibatkan gangguan koordinasi otot, penurunan fungsi mental serta penglihatan yang berbayang. Sedangkan penyakit beri beri ditandai dengan sesak nafas, detak jantung meningkat, dan muntah muntah.

Akibat Kekurangan Vitamin B Waspada Efek samping vitamin B kompleks

2. Vitamin B2

Vitamin B2 berperan dalam membantu mengolah energi yang berasal dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein serta lemak. Vitamin ini juga berperan dalam produksi sel darah merah. Asupan vitamin B2 sebaiknya sekitar 1 hingga 1,5 mg perhari. Apabila tubuh kekurangan asupan vitamin B2 akan muncul gejala anemia, kulit kering, mata merah hingga infeksi mulut. Sedangkan dampak kurangnya vitamin B2 pada ibu hamil yaitu meningkatkan risiko preeklamsia.

3. Vitamin B3

Vitamin B3 juga sering disebut dengan niacin. Asupan vitamin B3 disarankan sekitar 10 hingga 15 mg perhari. Jumlah yang lebih banyak dibanding vitamin B yang lain, mengingat fungsinya yang cukup penting. Kurangnya konsumsi makanan yang mengandung vitamin B3 bisa menyebabkan gangguan pencernaan, sariawan, kelelahan hingga depresi. Bahkan kekurangan niacin juga bisa mengakibatkan penyakit pellagra yang ditandai dengan ruam pada kulit, serta muntah.

4. Vitamin B5

Asupan vitamin B5 disarankan sebanyak 5 mg perhari. Vitamin B5 banyak ditemukan hampir di semua jenis sayuran, sehingga kasus kekurangan pantothenic acid ini jarang sekali ditemui. Akibat kekurangan vitamin B jenis ini akan menyebabkan sakit kepala, mudah emosi, dan tubuh terasa lelah. Tidak hanya itu, kekurangan pantothenic acid juga bisa menimbulkan sensasi perih di bagian lengan atau kaki, mual hingga peningkatan denyut jantung.

5. Vitamin B6

Rekomendasi asupan vitamin B6 atau dikenal sebagai pyroxene ini, sebaiknya dikonsumsi sekitar 1,3 sampai 1,5 mg perhari. Kurangnya asupan vitamin B bisa menyebabkan gangguan kulit seperti pecah pecah di sekitar mulut atau ruam. Selain itu, Kekurangan vitamin ini juga bisa menyebabkan kejang kejang, mual, anemia, depresi, luka di sudut bibir hingga nyeri di bagian tangan dan kaki.

Akibat Kekurangan Vitamin B

6. Vitamin B7

Jenis vitamin ini sering disebut dengan biotin. Vitamin B berperan dalam mengubah karbohidrat serta lemak menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh.Vitamin ini juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, pertumbuhan rambut hingga mengontrol kadar gula dalam darah agar tetap stabil. Kekurangan jenis vitamin ini dapat diketahui melalui gejala kulit kering, rambut rontok, ruam bersisik di sekitar mulut atau mata dan juga depresi.

Selain jenis vitamin B di atas, ada juga vitamin B9 dan vitamin B12. Kekurangan asupan vitamin B9 bisa menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah. Sedangkan kurangnya vitamin B12 bisa mengakibatkan penyakit kuning dan anemia. Mencegah kekurangan vitamin dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut, seperti telur, susu atau yogurt. Selain itu, anda jika bisa mendapatkan asupan vitamin B melalui suplemen.

Leave a Reply