Cara Mengatasi Mobil Overheat Ketika Sedang Dalam Perjalanan

Banyak pengguna mobil yang sepertinya pernah mengalami overheat alias mesin terlalu panas ketika sedang mengendarai mobilnya dalam suatu perjalanan baik dalam jarak dekat maupun jarak jauh. Memang umumnya overheat pada mobil hanya terjadi saat perjalanan jauh saja tetapi tidak menutup kemungkinan overheat juga terjadi dalam perjalanan jarak pendek akibat macet yang terlalu padat. Untuk itulah perlu diketahui cara mengatasi mobil overheat bagi para pengguna mobil sekalian agar bisa mengatasi kondisi demikian ketika dialami.
Pentingnya informasi tentang bagaimana mengatasi ketika terjadi overheat pada mobil sebetulnya bukan hanya harus dimiliki pemilik atau pengemudi mobil saja. Karena siapapun itu juga sebaiknya tahu, karena siapa tahu akan bermanfaat nantinya. Adapun cara yang perlu diketahui antara lain sebagai berikut.
1.Menepi ke pinggir jalan dan matikan mesin mobilnya
Hal pertama yang harus dilakukan ketika terjadi overheat alias mesin mobil yang terlalu panas, segera menepikan kendaraan atau mobil ke tepi jalan. Hal tersebut amat sangat harus dilakukan guna membuat mesin mobil tidak menjadi semakin panas. Karena apabila mesin mobil menjadi semakin panas lagi, dikhawatirkan akan terjadi ledakan.
2.Buka kap mobil
Setelah menepi ke pinggir jalan dam mesin mobil dimatikan maka jangan lupa untuk segera membuka kap mobil. Hal tersebut dilakukan agar udara panas cepat keluar dari dalam mesin mobil. Meskipun memang harus diakui bahwa tingkat penurunan suhunya tidak terlalu cepat tetapi tetap lebih baik dilakukan daripada tidak sama sekali. Membuka kap mobil juga sebagai langkah untuk melakukan pemeriksaan pada mesin mobil terutama sistem pendinginnya secara lebih lanjut.
3.Jangan tergesa-gesa membuka kap radiator
Perlu diingat baik-baik bahwa meskipun membuka kap mobil harus segera dilakukan tetapi tidak demikian halnya dengan membuka kap radiator. Pasalnya, tergesa-gesa membuka kap radiator dapat berakibat buruk bagi orang yang membukanya. Misalnya, dengan tergesa-gesa membuka kap radiator maka uap air yang amat sangat panas dapat keluar dengan tekanan tinggi. Biarkan beberapa saat setelah membuka kap mobil, barulah kemudian buka kap radiatornya.
4.Periksa tabung cadangan air radiator lalu isi ulang jika diperlukan
Setelah membuka kap radiator, maka segera periksa tabung cadangan air radiatornya. Tetapi harap lakukan hal tersebut dengan amat sangat hati-hati, bila ada gunakan sarung tangan atau pelindung tangan guna melakukannya. Jika terlihat tingkat permukaan air pada tabung cadangan air radiator berada dibawah level minimalnya, maka segera tambahkan air ke dalamnya. Jika memungkinkan alias jika memang ada gunakanlah air khusus radiator, tetapi jika tidak ada maka gunakan air mineral dalam kemasan yang biasa saja.
5.Cari letak kebocoran di sistem pendingin
Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah mencari titik kebocoran pada sistem pendinginnya. Hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penanganannya nanti oleh teknisi. Namun jika memang memungkinkan tutup kebocoran yang terjadi pada sistem pendingin itu. Apabila tidak memungkinkan maka segeralah cari bantuan, baik dengan mencari bengkel terdekat maupun menelepon atau memanggil penyedia jasa bantuan kendaraan di jalan raya yang sudah banyak tersedia sekarang ini.
Dengan memperhatikan hal-hal diatas, maka ketika terjadi overheat alias terlalu panasnya mesin mobil setidaknya langkah minimal dapat dilakukan. Hal itu sudah amat berarti guna menghindarkan kerusakan lebih parah lagi. Sekian informasi tentang cara mengatasi mobil overheat, semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca sekalian terutama yang memang ingin mempelajari tentang mobil secara menyeluruh.

Leave a Reply