Bisa Sebabkan Gangguan Mata, Yuk Simak 5 Akibat Kekurangan Vitamin A

Tubuh tentu membutuhkan banyak nutrisi yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan salah satunya adalah vitamin A. Untuk bisa mendapatkan asupan vitamin tersebut, maka anda bisa menemukannya di beberapa makanan tertentu. Pasalnya jika anda kekurangan vitamin A, maka akan berdampak buruk pada kesehatan, Yuk simak akibat kekurangan vitamin A berikut.

Dampak Kekurangan Vitamin A Untuk Tubuh

1 Mengalami Kulit Kering

Salah satu akibat karena kekurangan vitamin A adalah masalah kulit kering yang terjadi pada kebanyakan orang. Kekurangan vitamin A yang ekstrem sangat berdampak pada kulit atau penyakit eksim. Hal ini bisa saja terjadi karena vitamin A merupakan salah satu vitamin yang penting yang ikut dalam membantu menciptakan dan memperbaiki sel sel kulit yang mati. Sehingga kulit akan kenyal dan tampak lebih cerah daripada sebelumnya.

akibat kekurangan vitamin A Kekurangan Vitamin A Bisa Sebabkan Kebutaan

2. Gangguan Pertumbuhan Pada Anak

Anak anak memang membutuhkan banyak sekali nutrisi untuk membantu tumbuh kembangnya. Jika tubuh anak kekurangan nutrisi maka akan mengganggu perkembangan anak tersebut. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan pada anak adalah vitamin A, yang akan membantunya untuk tumbuh secara optimal. Kekurangan vitamin A pada anak anak dalam jangka waktu yang lama dapat membuat pertumbuhan anak terhambat.

Hal ini akan membuatnya tumbuh lebih lambat dan kurang tinggi dibandingkan teman teman sebayanya. Selain itu kekurangan vitamin A juga akan membuat mata anak terganggu dan tidak bisa memiliki pandangan yang jelas. Dengan kurangnya vitamin A ini maka akan memungkinkan anak untuk tidak bisa melihat dan berpotensi mengalami mata minus sejak kecil.

3. Mudah Terserang Infeksi

Vitamin A memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Sehingga jika anda kekurangan vitamin A akan membuat daya tahan tubuh seseorang berkurang. Beberapa penyakit dan infeksi yang mungkin saja terjadi antara lain ISPA, pneumonia, diare hingga campak. Komplikasi campak pada anak bisa jadi disebabkan karena kekurangan Vitamin A tersebut. Oleh karenanya asupan vitamin A dalam tubuh sangat penting agar daya tahan tubuh tetap kuat.

4. Memiliki Resiko Kanker yang Lebih Besar

Menurut sebuah riset, akibat kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kanker pada tubuh seseorang. Rendahnya vitamin A akan membuat anak mudah sekali memicu tumbuhnya sel sel kanker dalam tubuh. Sel sel kanker ini kemudian akan tumbuh dan menyerang bagian vital di dalam tubuh. Jika tidak segera ditangani maka akan membuat kanker dalam tubuh mudah menyerang.

akibat-k kurangan Vitamin A Manfaat Sumber Efek Kekurangan dan Kelebihan

Anda bisa mulai mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A untuk mencegah terjadinya tersebut. Salah satu sayur yang terkenal dan mengandung vitamin A yang tinggi adalah wortel. Selain itu anda juga bisa menemukan makanan yang mengandung vitamin A pada hati, daging ayam, ikan salmon, telur dan susu. Rutinlah untuk mengkonsumsi makanan tersebut untuk meningkatkan kadar vitamin A dalam tubuh.

5. Masalah Kesuburan

Selain vitamin A sangat berpengaruh pada anak dan tumbuh kembangnya, kekurangan vitamin ini juga akan menyebabkan masalah kesuburan atau infertilitas. Kesuburan dalam tubuh wanita akan berkurang jika anda tidak mengkonsumsi vitamin A tersebut. Tak hanya pada wanita, resiko kesuburan juga akan dialami oleh pria. Bahkan hal ini juga akan menyebabkan keguguran dan kelainan genetik pada janin.

Itulah beberapa dampak yang akan dirasakan jika anda kekurangan Vitamin A dalam tubuh. Anda bisa mulai rutin untuk mengkonsumsi vitamin A tersebut sehingga tubuh akan bisa bekerja secara maksimal. Yang paling penting anda harus selalu memperhatikan nutrisi dalam tubuh sehingga kebutuhan dalam tubuh tidak jomplang. Lakukan olahraga secara rutin sehingga tubuh bisa tetap fit dan beraktivitas seperti biasanya.

Leave a Reply