Bidan Wajib Tahu, 5 Tips Penting Saat Tangani Persalinan di Masa Pandemi

Diperlukan persiapan matang untuk melahirkan di tengah masa pandemi Covid 19. Bagi ibu yang tengah mengandung, maka alangkah baiknya untuk mempersiapkan sebelum persalinan baik secara normal maupun operasi Caesar. Tidak hanya untuk ibu melahirkan, anda yang bekerja sebagai bidan juga wajib untuk mengetahui tips aman saat menangani persalinan. Yuk simak tips atasi persalinan berikut.

Tips Aman Tangani Persalinan di Tengah Pandemi

1 Proteksi Diri

Kehamilan secara alami dapat menyebabkan kekebalan tubuh menurun. Hal ini tentu membuat ibu hamil rentan terkena infeksi, termasuk virus Corona. Sebagai orang yang membantu persalinan penting bagi anda untuk memproteksi diri. Pastikan jika ibu yang melahirkan sudah melakukan test swab agar benar benar aman saat melahirkan. Sehingga baik ibu hamil bayi yang dikandungnya bisa lahir dalam keadaan sehat.

bidan Persalinan di Masa Pandemi

Untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan, anda bisa meminta ibu hamil untuk menjaga diri dengan cara sering mencuci tangan dengan sabun jauh sebelum melakukan persalinan. Kemudian sarankan ibu hamil untuk tidak keluar rumah dan menghindari tempat ramai. Anjurkan pula untuk melakukan social distancing sehingga tidak akan membawa virus saat hari persalinan telah tiba.

2. Tidak Menerima Pengunjung

Jika biasanya momen melahirkan adalah momen berharga bagi para sahabat dan keluarga, namun tidak demikian di masa pandemi. Ibu yang hendak melahirkan hanya boleh didampingi oleh satu orang saja untuk mencegah tertularnya virus covid. Berikan pengertian kepada keluarga ibu hamil. Hal ini juga berlaku untuk pihak rumah sakit yang membantu pengurusan persalinan ibu hamil.

3. Menjaga Jarak

Tidak bisa dipungkiri bekerja di rumah sakit memiliki resiko yang cukup tinggi untuk tertular virus corona. Hal ini tentu membuat siapa saja was was untuk berada di rumah sakit. Bagi para tenaga medis seperti bidan sebaiknya tidak menangani pasien Covid 19. Pasalnya yang mengurusi pasien Covid 19, rawan untuk tertular virus dan bisa berbahaya untuk anak dalam kandungan ibu hamil.

Oleh karenanya para tenaga medis harus menjaga jarak dan tidak melakukan interaksi dengan pra pasien covid 19. Anda juga wajib untuk menggunakan masker dan menjaga jarak dengan para pasien. Rajin cuci tangan juga hal yang wajib dilakukan oleh para dokter yang akan membantu persalinan. Jika perlu lakukan rapid test atau swab terlebih dahulu sebelum menangani ibu hamil yang akan melakukan persalinan.

4. Penanganan Khusus Untuk Ibu Hamil dengan Covid 19

Ibu hamil yang memiliki gejala gejala covid 19 seperti demam, batuk dan sesak napas maka segera lakukan isolasi mandiri. Ibu hamil dengan Covid 19 tetap bisa bebas untuk memilih metode melahirkan yang akan dijalankan. Berikan pengertian kepada ibu hamil yang terkena virus corona untuk menjalani isolasi terlebih dahulu menjelang persalinan. Selama masa isolasi ini, para perawat harus memberikan perawatan khusus dan pengawasan kehamilan.

bidan Persalinan di Masa Pandemi hal seputar persiapan melahirkan saat pandemi covid 19

Anda harus rajin untuk memeriksa ibu hamil yang terkena Covid 19 sehingga tidak membuatnya stress. Anda juga harus tetap menggunakan alat pelindung diri yang lengkap ketika proses persalinan berlangsung. Agar persalinan berjalan lancar, maka anda harus memberikan pengertian kepada ibu hamil dan mempersiapkan mental serta fisiknya. Anjurkan pula untuk selalu menjaga kesehatan di masa pandemi.

Mengurus masa persalinan di tengah covid 19 memanglah tidak mudah. Anda harus melakukan perlindungan ekstra untuk pasien dan diri anda sendiri. Agar lebih aman, anda harus memproteksi diri dengan selalu menggunakan APD lengkap jika menangani ibu hamil yang terkena Covid 19. Ada baiknya baik anda dan ibu hamil memastikan diri tidak terkena Covid 19 dengan melakukan tes swab atau rapid test.

Leave a Reply