Berencana Jalankan Usaha? Yuk Simak 6 Resiko Bisnis yang Harus Anda Tahu

Menjalankan suatu usaha atau bisnis memang disertai dengan tantangan yang berbeda beda. Hal ini pasti dialami oleh pelaku usaha, terutama yang sedang berkembang dan menapaki jenjang lebih tinggi. Tidak hanya tantangan, setiap keputusan yang anda ambil juga disertai dengan risiko, baik berat maupun ringan. Oleh karena itu, resiko bisnis harus anda ketahui sejak dini agar dapat mengantisipasinya. Yuk intip beberapa risikonya di sini!

Beberapa Risiko yang Harus Anda Ketahui

1. Persaingan yang Ketat

Sebelum memulai sebuah bisnis, tentu anda harus memilih bidang agar usaha yang anda inginkan lebih focus serta berkembang. Dalam setiap bidang, tentu terdapat pesaing yang memberikan pelayanan dan produk terbaik. Hal ini yang harus anda hadapi, yaitu mampu bersaing dengan sehat untuk mencapai target penjualan dan konsumen. Persaingan ini yang harus anda siap hadapi secara sehat agar tidak merugikan kedua belah pihak.

keuntungan seimbang dengan resiko bisnis

2. Bekerja Keras

Setiap usaha tidak ada yang langsung berada di puncak keberhasilan, sehingga harus siap untuk meniti karier dari bawah. Pelaku usaha harus merintis usahanya dari nol hingga mencapai kesuksesan dan untung besar. Resiko bisnis ini harus anda hadapi dengan kuat dan selalu memberikan inovasi serta kreasi. Selain itu, harus diimbangi dengan ulet, rajin, pantang menyerah, dan ikhlas dalam bekerja agar usaha selaras dengan hasil.

3. Kerugian

Tidak ada pebisnis yang ingin merugi bahkan gulung tikar karena usahanya tidak memberi progres yang berarti. Akan tetapi, anda harus siap untuk merugi karena inilah risiko utama dari berbisnis. Kerugian yang anda alami terdiri atas dua hal, yaitu rugi ringan dan rugi besar. Rugi ringan tiak memberi efek negatif bagi perusahaan, sedangkan rugi besar dapat berdampak pada seluruh operasional perusahaan. Bahkan anda terancam gulung tikar.

4. Kondisi Pasar Tidak Stabil

Kondisi perekonomian Indonesia memang tidak stabil, kadang naik dan tiba tiba anjlok turun. Setiap pelaku usaha harus siap menghadapi tantangan ini, sehingga dapat antisipasi resiko bisnis satu ini. Apabila harga bahan baku yang anda pakai tiba tiba meroket, otomatis harga produk atau jasa juga naik. Hal ini berdampak pada penjualan yang menurun, karena pembeli beralih pada produk lain. Hal ini yang menjadi tantangan tersendiri untuk anda.

5. Strategi Pemasaran

Agar usaha yang anda jalankan dikenal banyak orang dan diminati, maka harus didukung dengan strategi pemasaran yang baik. Tidak hanya itu, anda juga harus menyiapkan strategi yang baik saat meluncurkan produk baru. Tidak jarang, perusahaan tidak lagi produksi suatu barang atau produk karena strategi yang dijalankan tidak berhasil. Resiko satu ini menjadi hal yang harus anda hadapi dengan tegar dan tetap menemukan cara atau inovasi lain.

resiko bisnis anda

6. Kebangkrutan

Inilah yang menjadi ketakutan atau momok setiap pelaku bisnis karena banyak hal yang jadi tanggung jawabnya. Kelangsungan hidup dan karyawannya berada di pundaknya, sehingga cukup jadi beban berat. Resiko bisnis ini secara otomatis menjadi seleksi alam bagi setiap usaha yang tidak dapat bertahan di pasaran. Factor yang menyebabkan hal ini cukup banyak antara lain keputusan yang salah, kurang jujur, tidak mempertahankan kualitas, dan lainnya.

Setiap keputusan yang diambil disertai dengan konsekuensi, termasuk keputusan untuk berbisnis. Anda dapat memilih salah satu bidang bisnis dan mengembangkannya hingga jadi besar serta memiliki banyak karyawan. Hal ini sangat bagus karena jadi lapangan pekerjaan yang baru untuk banyak orang. Akan tetapi, harus diimbangi dengan sikap siap hadapi risiko dalam berbisnis. Terdapat 6 risiko yang harus pebisnis hadapi, siapkah anda?

Leave a Reply