BEBERAPA MUSEUM DI JAKARTA INI COCOK UNTUK KUNJUNGAN STUDY TOUR

Museum merupakan institusi permanen, nirlaba, melayani kebutuhan publik, memiliki sifat yang terbuka dengan cara pengoleksian, mengkonservasi, melakukan riset, mengkomunikasikan dan memamerkan benda yang nyata kepada khalayak umum untuk kebutuhan pembelajaran dan kesenangan serta menambah wawasan. Maka dari itu, banyak dari lembaga pendidikan memasukkan museum ke dalam daftar kunjungan study tour mereka. Karena disisi lain untuk kesenangan, juga dapat memberi motivasi serta pengetahuan secara konkret dan nyata kepada para siswa yang selanjutnya akan diteliti oleh mereka dan mengetahui bagaimana sejarahnya. Dengan begitu akan menambah kualitas siswa di Indonesia.

Jika berkunjung ke Jakarta, jangan lupa untuk memasukkan beberapa daftar museum di bawah ini sebagai kunjungan study tour. Berikut beberapa museum di Jakarta yang cocok untuk dijadikan kunjungan study tour.

1.Museum Nasional Indonesia
Museum ini terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12 Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat. Jam buka museum ini yakni hari Selasa sampai Jumat pukul 08.00 sampai 16.00 dan pada hari Sabtu dan Minggu pukul 08.00 sampai 17.00. Museum ini memiliki spot ikonik dengan patung gajah sehingga memiliki nama lain Museum Gajah. Jika berkunjung kesini, bisa juga sekaligus jalan-jalan ke Monumen Nasional.

2.Museum Sejarah Jakarta
Museum ini terletak pada Jalan Taman Fatahillah No. 1, Pinangsia Kecamatan Taman SAri, Kota Jakarta Barat. Jam buka museum ini hari Selasa sampai Minggu pukul 08.00 sampai 17.00. Ikonik dari museum ini adalah mengusung konsep seperti Istana Dam Amsterdam, Belanda. Museum ini memiliki luas 1.300 meter persegi memiliki patung “Si Jagur” yang dipercaya akan bisa cepat mendapat buah hari bagi perempuan yang menyentuhnya.

3.Museum Bank Indonesia
Museum ini terletak Jalan Lada 3 RT.3 RW.6 Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat. Jam buka museum ini adalah Selasa sampai Jumat pukul 08.00 sampai 16.30 dan pada hari Sabtu dan Minggu pukul 08.00 hingga 16.00. Museum ini berada di sekitar Kota Tua. Museum ini memiliki arsitektur kuno khas zaman Belanda yang menambah daya pikat dan ciri khas museum ini. Waktu terbaik museum ini adalah malam hari dan menyediakan waktu tur selain jam biasa sehingga ini akan menjadi pengalaman yang lebih menantang untuk pengunjungnya.

4.Museum Kebangkitan Nasional
Museum ini terletak pada Jalan Abdul Rahman Saleh no. 26 RT. 4 RW. 5, Senen, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat. Jam buka museum ini Selasa sampai Jumat pukul 08.30 sampai 15.00, dan pada hari minggu pukul 08.30 sampai 14.00. Museum ini ditetapkan sebagai bangunan bersejarah karena bekas sekolah kedokteran STOVIA saat penjajahan Belanda. Ikonik dari museum ini adalah ruangan yang menampilkan koleksi alat kedokteran kuno dalam membelah kepala dan tubuh manusia serta berbagai jenis pisau bedah.

5.Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Museum ini terletak di Jalan Imam Bonjol No.1 RT 9 RW 4 Menteng, Kecamatan Menteng Kota Jakarta Pusat. Museum ini buka pada hari Selasa hingga minggu pukul 08.00 sampai 16.00. Museum ini menampilkan cerita bertemakan sejarah jelang kemerdekaan Indonesia terutama saat perumusan teks proklamasi. Saat berkunjung kesini, anda bisa menikmati keindahan taman belakang museum sekaligus yang menjadikannya spot foto yang tidak boleh ketinggalan.

6.Museum Wayang
Museum ini terletak jalan Pintu Besar uTara No. 27 Pinangsia RT.3 RW.6 Kota Tua Kecamatan Taman SAri, Kota Jakarta Pusat. Jam buka museum ini pada hari Selasa sampai Minggu pukul 09.00 sampai 16.30. Bangunan ini awalnya merupakan De Oude Hollandsche Kerk atau Gereja Lama Belanda pada tahun 1640.

Itu tadi merupakan sekilas ulasan mengenai beberapa wisata museum di Jakarta yang cocok untuk dijadikan study tour. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Leave a Reply