Beberapa Kelemahan serta Keuntungan Switch Nerwork yang Harus Kamu Ketahui!

Switch merupakan suatu perangkat keras di sebuah jaringan komputer yang hampir sama dengan HUB, karena memang Switch merupakan pengembangan dari HUB. Maka sudah tidak heran lagi bila harga Switch terkesan agak lebih mahal ketimbang HUB, hal ini karena tentunya Switch menawarkan beberapa fitur yang lebih pintar. Switch bekerja dengan cara menerima suatu kiriman data di port, kemudian melihat MAC dengan tujuan membentuk sebuah koneksi nalar dengan port yang mana sudah terkoneksi dengan perangkat tujuan. Sehingga selain port yang diarahkan, maka tidak akan dapat menerima kiriman data lain yang dikirimkan dan hal ini akan menyusutkan beelangsungnya gesekan data yang umum dikenal sebagai collision. Setiap perangkat yang terhubung dengan port tertentu, maka MAC address nya akan tercatat di MAC address table untuk kemudian disimpan di memori cache Switch.

Switch merupakan bagian yang menyandang gelar penting dalam jaringan komputer, bahkan bisa dikatakan bahwa Switch merupakan center atau pusat dari segala lalu lintas jaringan. Hal – hal ini di sebabkan karena beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Switch. Yang pertama dan paling utama dari Keuntungan Network Switch yaitu bisa menganalisa serta memeriksa tiap- tiap paket data yang telah diterima sebelum di teruskan ke alamat tujuan. Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Switch adalah kemampuannya dalam menentukan alamat tujuan serta sumber paket data yang telah di laluinya. Kemudian, Switch juga bisa mem-forward tiap- tiap paket data secara tepat dan cepat. layaknya pada HUB, Switch juga mempunyai banyak port yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat – perangkat jaringan seperti server, modem, access point dan lain- lain dengan komputer. Jumlah port yang dimiliki oleh Switch ber macam- macam, terdapat yang berjumlah 8 port, 16 port, 24 port dan seterusnya dengan kelipatan delapan. Tentunya, semakin banyak port yang terdapat pada Switch maka harga relatif akan mahal.

Keuntungan Network Switch smart factory

Diantara kelebihan serta keuntungan Network Switch terdapat beberapa kekurangan dari Switch ini.Yang pertama adalah harga dari Switch yang sedikit lebih mahal daripada HUB hal ini dikarenakan memang Switch sendiri merupakan perkembangan dari HUB. Kekurangan kedua dari Switch adalah Switch hanya memiliki satu saja collison control untuk semua port, yang mana hal ini akak memungkinkan terjadinya bentrokn antar data dikarenakan transmisi data yang hany dikontrol oleh satu collison saja. Kemudian Switch juga hanya dapat menggunakan kabel straight saja, sehingga apabila jika yang terdapat adalah kabel cross dan ingin menggunakan kabel cross mka terlebih dahulu harus mengubahnya menjadi kabel straight. Emudian kelemahan lainnya yang dilimiliki oleh Switch adalah membutuhkan waktu yang lumayan lama ketika memeriksa satu paket nya.

Keuntungan Network Switch port

Hal- hal diatas merupakan beberapa kelemahan serta keutungan Network Switch dalam penggunaannya. Switch sendiri memiliki banyak jenis yang bisa ada sesuaikan jenisnya dengan kebutuhan. Sedangkan beberapa kelebihan yang di miliki oleh Switch bisa kita suimak dari penjelasan tadi bahwa memang Switch ini memiliki peranan yang cukup besar terhadap jaringan di komputer, dankan dengan perang enting yang diambil oleh switch ini menjadikan dia banyak disebut sebagai center dari segala lalu lintas jaringan. Namun, seperti umumnya segala suatu hal yang ada di dunia ini, di samping kelebihan dan keuntungan dapal pemakaian Switch, terdapat beberapa kekurangan yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan untuk beberapa orang yang ingin menggunakannya.

Leave a Reply