Apakah Investasi Bitcoin Masih Aman?

Investasi yang cukup banyak digandrungi oleh banyak orang adalah Bitcoin. Investasi ini biasanya disebut sebagai mata uang virtual atau cryptocurrency yang sudah banyak diperdagangkan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Meskipun digandrungi oleh berbagai kalangan, investasi satu ini masih diragukan oleh beberapa orang terkait keamanannya. Berikut ulasan mengenai investasi Bitcoin dan strategi trading yang menguntungkan.

Mengenal Bitcoin sebagai Investasi yang Banyak Diminati

Bitcoin adalah salah satu mata uang virtual yang pertama kali dikembangkan oleh Satoshi Nakatomo pada tahun 2009. Mata uang digital ini berfungsi sama seperti mata uang biasa baik rupiah, dollar, euro atau yang lainnya. Yang membedakan adalah mata uang ini hanya tersedia di dalam dunia digital saja. Pada Bitcoin ini teknologi yang digunakan adalah peer to peer yang artinya transaksi dalam Bitcoin tidak memerlukan otoritas pusat atau bank sentral.

strategi trading Bitcoin Cryptocurrency

Penggunaan peer to peer pada bitcoin bertujuan untuk menghindari terjadinya transaksi ganda. Pada Bitcoin ini akan dilengkapi dengan digital signature dan juga penanda waktu tercatat dan tidak bisa diubah dalam bentuk hash. Bitcoin sendiri berbentuk open source yang artinya rancangan bersifat umum. Sehingga tidak ada yang dapat mengendalikan maupun menjadi pemilik Bitcoin sendiri. Namun anda harus memiliki strategi trading Bitcoin sehingga bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Namun perlu dipahami juga jika Bitcoin ini tidak memiliki perlidungan dari Undang Undang Indonesia. Sehingga semua kerugian dan juga keuntungan ditanggung oleh para penggunanya. Pihak Bank Indonesia mengatakan jika investasi ini kurang aman dilakukan. Namun seorang ketua komunitas Bitcoin mengatakan jika investasi ini sangat aman dan tidak melanggar undang undang yang berlaku di Indonesia.

Strategi Melakukan Investasi Bitcoin

Banyak sekali strategi yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan dalam investasi bitcoin ini. Pertama adalah strategi Arbitrage yang memanfaatkan selisih harga suatu aset kripto di dua Exchange yang berbeda. Strategi investasi Bitcoin inia dalah dengan membeli exhange yang murah dan menjualnya di tempat lain yang memiliki harga lebih tinggi berdasarkan simultan.

strategi trading Bitcoin untuk anda

Strategi yang kedua adalah dengan melakukan leading indicator. Strategi ini akan memberikan indikator yang digunakan oleh para digunakan oleh banyak trader untuk memberikan sinyal pergerakan harga dari Bitcoin itu sendiri. Misalnya anda ingin membeli atau menjual Bitcoin, maka anda harus melihat leading indikator untuk memperhatikan pergerakan harga di Bitocoin Exchange tersebut.

Anda juga bisa menggunakan strategi trading Bitcoin dengan menggunakan market timing. Penting bagi seorang trader untuk memperhatikan pergerakan harga karena dapat mempengaruhi kondisi pasar. Ada beberapa trend pasar yang biasanya digunakan para trader sebagai indikasi waktu yang tepat untuk membeli dan menjual. Sehingga anda tidak akan mengalami kerugian jika memperhatikan market timing yang tepat.

Selanjutnya ada juga strategi dan bear market yang terjadi jika pembeli lebih banyak daripada penjual. Strategi ini juga bisa dilakukan jika nilai pembelian lebih tinggi dari nilai penjualan, sehingga bisa terjadi tred bullish. Dalam trend ini pembeli lebih memainkan perannya karena naiknya permintaan akan membuat harga Bitcoin pun berangsur naik. Jika penjual lebih banyak dari pembeli atau penawaran lebih banyak dari permintaan, maka harga Bitcoin pun akan mulai turun.

Itulah penjelasan mengenai Bitcoin dan strategi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat. Dengan melakukan investasi Bitcoin maka anda akan memudahkan anda untuk melakukan transaksi. Namun perlu dipahami juga jika investasi ini tidak memiliki perlindungan undang undang dari Indonesia. Sehingga keuntungan dan kerugian yang didapatkan ditanggung sendiri oleh para penggunanya.

Leave a Reply