Apa Hubungan Neuropati Dengan Diabetes?

Kesehatan sistem saraf merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Mengapa? Sistem saraf merupakan sistem yang tugas utamanya adalah mengatur atau mengkoordinasikan tubuh. Jika sistem ini terganggu, bayangkan apa yang akan terjadi? Tentu sistem di dalam tubuh akan terganggu.

Salah satu cara mencegah gangguan pada sistem saraf adalah dengan mengkonsumsi multivitamin. Multivitamin ini diperlukan agar kerja saraf dalam menghantarkan impuls – impuls ke sistem saraf pusat. Salah satu multivitamin yang dapat dijadikan pilihan adalah neurobuon putih. Apa saja manfaat neurobion putih bagi pengkonsumsinya? Simak artikel ini sampai akhir untuk mengetahuinya.

Gangguan pada saraf ada banyak sekali. Gangguan – gangguan tersebut ada yang bersifat sementara atau bahkan berlangsung lama. Salah satu gangguan yang kerap terjadi pada tubuh seseorang dalam jangka waktu pendek adalah kesemutan.

Selain kesemutan, ada pula gangguan saraf lain yang disebut sebagai Neuropati. Neuropati merupakan kondisi ketika saraf pada tubuh mengalami gangguan dan timbul nyeri. Neuropati dapat terjadi karena berbagai hal. Salah satu jenis Neuropati yang disebut Neuropati Diabetik merupakan gangguan saraf yang disebabkan oleh penyakit Diabetes.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sering menyebabkan kematian. Penyakit ini merupakan penyakit yang umumnya diakibatkan oleh gagalnya pankreas untuk memproduksi hormon insulin dalam kadar yang cukup. Tanpa hormon ini, tubuh tidak dapat menyerap glukosa dan mengubahnya menjadi energi.

Apa Hubungan Neuropati Dengan Diabetes

Penyakit yang sering disebut sebagai penyakit kencing manis ini memang sudah tidak asing didengar telinga. Diabetes terdiri atas dua tipe, yaitu Diabetes tipe 1 dan Diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 diakibatkan oleh sel – sel pankreas yang diserang oleh sistem kekebalan tubuh penderita itu sendiri. Dengan rusaknya sel – sel pankreas ini, hormon insulin akan gagal diproduksi sesuai kebtuhan. Hal ini yang akan menjadikan kadar gula darah menjadi tinggi dan berujung pada penyakit Diabetes.

Berbeda denga Diabetes tipe 1, Diabetes tipe 2 ini merupakan gangguan pada tubuh akibat sel – sel tubuh yang kurang sensitif terhadap hormon insulin. Akibatnya hormon insulin yang dihasilkan tidak dapat digunakan dengan baik oleh tubuh. Diabetes ini merupakan jenis Diabetes yang paling sering terjadi di dunia.

Lalu, apa hubungan Neuropati dengan Diabetes? Diabtes merupaka salah satu penyakit yang bila semakin lama dibiarkan akan dapat menimbulkan komplikasi. Komplikasi pada tubuh ini merupakan munculnya penyakit lain akibat Diabetes. Salah satu bentuk komplikasi tersebut adalah Neuropati. Maka dari itu, Neuropati yang disebabkan oleh Diabetes disebut dengan Neuropati Diabetik.

Neuropati Diabetik memiliki berbagai gejala yang bergantung pada saraf apa yang terganggu. Pada banyak pasien, gejala penyakit ini berkembang secara perlahan dan bertahap. Akibatnya, banyak penderita Neuropati Diabetik yang baru menyadari penyakitnya setelah terjadi kerusakan pada saraf tertentu. Gejala awal dari penyakit ini adalah tterjadinya kram, kesemutan, atau nyeri pada tungkai dan kaki. Gejala ini lama – kelamaan akan menjadi mati rasa terhadap nyeri maupun suhu.

Untuk menghindari berbagai jenis penyakit saraf yang mengincar setiap orang, Anda perlu menjaga keseimbangan asupan gizi pada tubuh. Kekurangan asupan gizi tertentu dapat menjadi pemacu suatu penyakit. Salah satu contohnya adalah neuropati ringan yang disebabkan oleh kekurangan vitamin neurotropik. Kekurangan vitamin neurotropik ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi tablet multivitamin neurobion putih. Nah, berarti manfaat neurobion putih tersebut untuk mencegah dan mengatasi neuropati ringan.

Leave a Reply