AC Low Watt VS AC Inverter

Air Conditioner (AC) merupakan salah satu alat elektronik yang sering digunakan untuk mendinginkan suhu ruangan. Saat musim panas atau kemarau, suhu lingkungan cenderung naik. Oleh karena itu, orang-orang akan merasa panas dan gerah setiap harinya. Saat seperti inilah, penggunaan AC menjadi lebih banyak daripada biasanya.

AC yang dijual di pasaran dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu AC standard, AC Low Watt, dan AC inverter. AC standard merupakan generasi AC sebelum AC Low Watt dan AC inverter ditemukan. AC standard akan menurunkan suhu ruangan dengan sangat cepat. Setelah suhu yang diinginkan tercapai, AC jenis ini akan mati sementara secara otomatis. Dan akan kembali bekerja saat suhu ruangan naik. Oleh karena itu, AC jenis ini membutuhkan daya listrik lebih banyak. Untuk mengatasi hal tersebut, AC Low Watt dan AC inverter digunakan sebagai AC yang mempunyai keunggulan hemat listrik dan kinerja yang lebih bagus. Akan tetapi, di antara AC Low Watt dan AC inverter, yang manakah yang mempunyai kinerja lebih bagus dan hemat listrik? Berikut ini adalah ulasannya.

memilih ac 1 pk merek ac

Perbedaan AC Low Watt dan AC inverter dapat dilihat dari cara kerja kompresor yang digunakan pada AC tersebut. Kompresor AC Low watt bekerja dengan menggunakan lebih sedikit energi listrik. Mengapa? AC Low Watt menurunkan suhu ruangan secara perlahan. Sehingga tidak ada lonjakan energi listrik saat proses penurunan suhu. Oleh karena itu, kompresor hanya berkerja secara perlahan dan tidak mempunyai beban kerja yang terlalu berat. Hal inilah yang menyebabkan AC Low Watt menggunakan energi listrik yang sedikit. Sementara itu, AC inverter menggunakan kompresor dengan beban kerja yang berat saat awal proses. Kompresor AC inverter akan bekerja keras untuk menurunkan suhu ruangan secara cepat. Hal inilah yang menyebabkan lonjakan kebutuhan energi listrik. Sehingga, daya energi listrik yang dibutuhkan menjadi lebih tinggi dibandingkan AC Low Watt. Akan tetapi, saat suhu ruangan sudah mencapai sesuai dengan yang diinginkan, kompresor dari AC inverter akan memperlambat kinerja dengan tetap menjaga agar suhu ruangan stabil. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa AC inverter termasuk AC yang hemat energi. Perbandingan tentang daya listrik AC Low Watt dan AC inverter terlihat jelas saat digunakan untuk memilih ac 1 pk. AC Low Watt menghabiskan energi listrik sebesar 660 Watt. Sementara AC inverter menghabiskan energi listrik sebesar 225 – 920 Watt. Hal ini bergantung pada merek dan ukuran dari AC inverter.

tips memilih ac 1 pk

Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah tipe penggunaan AC itu sendiri. Apabila AC digunakan dalam keadaan hidup dan waktu yang cukup lama, maka AC inverter lebih hemat energi. Akan tetapi, jika AC digunakan dalam keadaan mati – hidup, AC Low Watt lebih cocok. Selain itu, AC inverter juga dilengkapi dengan freon tiper terbaru yaitu Freon R410A. Sementara AC Low Watt masih menggunakan Freon R22. Oleh karena itu, AC inverter lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan AC Low Watt. Jika dilihat dari harga AC yang dijual di pasaran, AC inverter mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan AC Low Watt. Hal ini disebabkan teknologi yang digunakan pada AC inverter merupakan teknologi terbaru. Oleh karena itu, perlu pertimbangan yang menyeluruh untuk memilih AC 1 PK yang bisa menawarkan AC yang hemat energi, ramah lingkungan, dan harga terjangkau.

Leave a Reply