7 Tips Mengenakan Pakaian Wawancara Kerja Agar Terlihat Profesional

Anda tentu akan mengalami nerveous saat akan diwawancara kerja. Ada beberapa tips untuk melamar pekerjaan agar segera diterima yaitu penampilan. Modal awal ini adalah kunci utama dalam melamar pekerjaan agar diterima disebuah perusahaan. Tentunya anda tidak mau jika saat interview kerja menggunakan kostum yang salah bukan ? Nah untuk itu, yuk simak tips memilih pakaian wawancara kerja.

Cara Memilih Pakaian saat Interview Kerja

1. Tidak Mengenakan Celana Berbahan Denim

Celana denim atau jeans dalah salah satu celana modis yang disukai oleh beberapa kalangan. Namun sebaiknya anda jangan mengenakan celana jeans saat akan melakukan interview kerja. Mengenakan celana denim akan memberikan kesan yang santai dan tidak bisa dipercaya. Anda bisa menggunakan celana bahan yang tidak mudah kusut. Bagi wanita anda bisa menggunakan rok yang menutupi lutut dengan warna yang tidak mencolok.

7 Tips Mengenakan Pakaian Wawancara Kerja Agar Terlihat Profesional ini

2. Pakain Kardigan atau Jas

Atribut pelengkap yang cocok untuk dikenakan saat wawancara kerja dalah kardigan. Mengenakan kardigan saat interview akan meberikan kesan profesional di mata seorang HRD. Namun anda jangan menggunakan kardigan atau jas yang memiliki motif menonjol. Anda bisa menggunakan warna yang netral atau gelap, menyesuaikan dengan pakaian yang anda kenakan.

3. Mengenakan Kemeja

Saat melakukan interview ada baiknya anda mengenakan pakaian formal seperti kemeja. Ada banyak sekali pilihan kemaja yang bisa anda gunakan seperti kemeja katun, sifon, atau bahkan kemeja sutera. Agar sedikit tampil lebih modis anda bisa membuka kancing bagian atas kemeja anda. Jangan menggunakan kemeja yang terlalu ketat sehingga menampilkan kesan seksi. Gunakan kemeja yang nyaman untuk dikenakan.

4. Memperhtikan Motif Pakaian

Meskipun terlihat sepele, namun motif pakaian ternyata juga mempengaruhi kesan saat interview. Hindari mengenakan baju yang memiliki motif bunga, binatang atau abstrak yang bisa mendistraksi pewawancara. Sebaiknya gunakan pakaian yang memiliki motif yang sederhana seperti motif garis atau bahkan pakaian yang tidak bermotif sama sekali.

5. Memperhatikan Warna Pakaian

Bagi anda yang pelamar pekerjaan, ada baiknya mengenakan beberapa pakaian wawancara kerja tidak terlalu mencolok. Hal ini karena pemakaian warna pada baju juga sangat mempengaruhi gambaran psikologi dalam dirimu. Mengenakan pakaian berwarna biru akan memberikan kesan percaya diri, sementara pakaian hitam merepresentasikan kepemimpinan, abu abu memberikan kesan profesional dan warna makna lainya.

6. Meperhatikan Gaya Rambut

Gaya rambut juga sangat mempengaruhi kesan saat melakukan interview. Selalu pastikan jika rambut anda terkesan rapi dan nampak profesional. Untuk memastikan jika rambut anda rapi, ada baiknya datang lebih awal agar bisa merapikan rambut. Sehingga anda bisa menyisir rambut anda. Namun jika anda mengenakan jilbab, anda juga harus memperhatikan gaya jilbab yang cocok untuk interview.

7 Tips Mengenakan Pakaian Wawancara Kerja Agar Terlihat Profesional

7. Pemilihan Sepatu

Meskipun terletak di bawah, sepatu adalah salah satu bagian terpenting yang tidak akan luput dari perhatian pewawancara. Sehingga penting bagi anda untuk memperhatikan sepatu yang dikenakan. Untuk wanita anda bisa mengenakan sepatu dengan ujung tertutup. Jari kaki yang nampak pada bagian depan akan memberikan kesan formal. Sementara untuk pria, selalu pastikan jika sepatu anda bersih dan tidak kotor.

Tips cara berpakain diatas bisa anda terapkan saat melakukan interview kerja. Memiliki kesan pertama adalah hal penting yang harus dimiliki oleh seorang pelamar kerja. Anda bisa datang lebih pagi agar memiliki waktu yang lebih untuk merias kembal diri anda. Hal ini tentunya agar anda memiliki kesan yang profesional dan layak untuk diterima sebuah perusahaan.

Leave a Reply