6 Tips Membuat Kemasan Produk Bisnis yang Wajib Anda Coba

Kemasan produk menjadi salah satu hal yang penting untuk mengenalkan identitas bisnis anda kepada konsumen. Sebuah kemasan produk yang menarik, tidak harus mahal dan rumit. Yang perlu anda lakukan adalah menjadi kreatif dan mempertimbangkan efisiensi dari kemasan produk tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini akan diulas beberapa tips untuk membuat kemasan produk yang wajib Anda coba untuk mengawali bisnis.

Tips Mendesain Kemasan Produk Yang Harus Anda Coba

1. Memilih Bentuk Kemasan Yang Sesuai

Dalam menentukan kemasan, ada pertimbangan psikologi dibalik target pasar. Seperti halnya kemasan bentuk kotak dan persegi panjang yang ditargetkan untuk produk yang berkesan maskulin. Sedangkan bentuk melengkung seringkali banyak ditemui di produk feminim. Hal ini, penting untuk membuat sasaran yang tepat bagi konsumen. Meskipun begitu, anda juga bisa berkonsultasi kepada beberapa desainer kemasan untuk menyesuaikan dengan bisnis anda.

membuat kemasan produk

2. Memilih Warna Yang Tepat

Warna kemasan dalam suatu produk menjadi aspek yang sangat penting untuk menarik konsumen. Hampir sekitar 90% angka dari pembelian didasarkan hanya pada warna dari kemasan. Yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan warna yang mencerminkan citra produk bisnis yang anda miliki. Hal ini dapat menginspirasi setiap calon konsumen untuk membeli produk anda. Untuk itu, penting mengetahui arti warna dalam kemasan dan perannya.

3. Membuat Produk Yang Mudah Dimengerti

Penting untuk membuat pelanggan anda mengerti produk yang ditawarkan. Membuat produk yang anda miliki mudah dipahami oleh pelanggan saat pertama kali melihanya, merupakan hal yang wajib dipertimbangkan. Salah satu cara yang bisa anda coba yakni menggunakan bahasa yang sederhana. Cara ini akan membuat para konsumen memahami apa yang anda jual dan menyebabkan mereka lebih cenderung untuk tertarik membeli produk.

4. Menggunakan Kalimat Sederhana Pada Produk

Pada desain kemasan makanan, kerap kali ditemukan berbagai jenis tulisan selain komposisi maupun identitas dari produk itu sendiri. Misalnya kalimat nama brand, slogan, bahkan kata persuasif yang tertera di kemasan produk. Meskipun ingin mempengaruhi pembeli, tetapi hindari penggunaan kalimat berlebihan dan kurang penting yang dapat membuat konsumen menjadi bingung. Gunakan bahasa yang sederhana tapi mudah diingat dan menjelaskan produk.

5. Menambahkan Data Legalitas dari Lembaga Pemerintahan

Hal ini adalah salah satu hal yang tidak kalah penting untuk membuat para konsumen memilih barang dagang. Dengan mencantumkan data legalitas dari lembaga pemerintahan yang berwenang dengan produk yang anda produksi, akan membuat produk anda lebih terjamin mutu dan kualitasnya (secara kesehatan dan lebih tepercaya). Contoh legalitas yang bisa didapatkan yakni dari dinas kesehatan, badan pengawas makanan dan obat, maupun sertifikasi halal.

membuat kemasan produk Coffee Bag and Cup Mockup

6. Memanfaatkan Gambar yang Menarik

Untuk membuat kemasan produk mudah diterima, biasanya dengan sesuatu yang berbau visual. Oleh karena itu cantumkan gambar agar lebih memikat minat pembeli. Gambar yang bisa anda gunakan bisa bervariasi, seperti contohnya ilustrasi lucu atau bahkan bentuk kariatur di kemasan produk. Pastikan gambar secara tidak langsung masih terkait dengan pencitraan produk, tanpa harus terkesan asing saat merepresentasikan barang yang ditawarkan kepada pembeli.

Secara keseluruhan hal yang harus diperhatikan adalah kemasan produk yang berperan dalam membangun citra bisnis anda. Selain itu, kemasan akan membantu pemasaran karena dalam desain kemasan tersebut tercantum informasi produk yang ditawarkan. Mulai dari jenis produk, label, kandungan gizi, legalitas, bahkan desain yang atraktif dapat membuat produk anda bernilai lebih tinggi saat orang melihatnya.

Leave a Reply