5 Tips Aman Untuk Berobat Di Rumah Sakit Dalam Masa New Normal

Era new normal perlahan lahan sudah mulai diterapkan di berbagai daerah di Indonesia. Namun meskipun sudah memasuki fase new normal, anda tetap harus waspada terhadap virus Covid 19. Beberapa hal perlu perhatikan ketika anda harus berobat ke rumah sakit. Pasalnya jika anda berkunjung ke klinik berobat, akan banyak pasien positif Covid 19 yang dirawat. Yuk simak tips aman berobat ke tempat berobat.

Tips Aman Untuk Berkunjung ke Tempat Berobat

1 Lakukan Daftar Online Untuk Hindari Antrean

Untuk menghindari antrian menunggu, ada baiknya anda melakukan janji dengan dokter terlebih dahulu. Atau anda juga bisa daftar secara online untuk menghindari kerumunan di tempat berobat. Dengan melakukan pendaftaran online, maka anda akan mendapatkan nomor urut dan bisa memperkirakan jam berapa anda harus berobat ke klinik tersebut. Lalu saat anda sudah sampai, anda hanya perlu menyerahkan nomor antrian yang sudah didapatkan.

Rumah Sakit Dalam Masa New Normal

2. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Untuk menghindari kerumunan, mau tidak mau anda juga harus memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka resiko penularan covid 19 akan rendah. Menggunakan kendaraan pribadi juga lebih terjamin kebersihannya dibandingkan menggunakan transportasi umum. Namun jika anda terpaksa untuk menggunakan transportasi umum maka hindari jam jam rawan keramaian seperti jam berangkat atau pulang kerja.

Dengan menghindari jam berangkat atau pulang, maka kendaraan umum akan sepi penumpang. Tentunya hal ini sangat aman dibandingkan jam saat pulang kerja dimana kerumunan dalam angkutan mulai membludak. Jika anda naik transportasi umum ketika jam pulang ataupun berangkat kerja, ada baiknya untuk menjaga jarak dengan penumpang lainnya. Usahakan untuk tidak naik angkutan umum yang sudah ramai penumpang.

3. Gunakan Masker dan Bawa Hand Sanitizer

Meskipun sudah memasuki masa new normal, namun anda harus tetap waspada dengan menggunakan masker kemanapun anda bepergian. Gunakan masker yang bisa menutupi mulut dan hidung untuk mencegah virus atau kuman masuk ke saluran pernafasan. Jangan lupa juga membawa hand sanitizer untuk membersihkan dan membunuh kuman yang mungkin menempel di bagian tangan.

4. Jawab Pertanyaan Screening dengan Jujur

Setelah tiba di rumah sakit, petugas medis biasanya akan melakukan screening pada setiap pasien. Ada beberapa pertanyaan yang akan diajukan mulai dari gejala sakit yang diderita atau apakah pernah berkontak dengan pasien yang tertular virus tersebut. Pertanyaan ini akan dilontarkan oleh para petugas medis yang bertugas. Dalam rangka memutus penyebaran virus corona, maka jawablah pertanyaan tersebut dengan jujur.

Rumah Sakit Dalam Masa New Normal

Hal ini juga bertujuan agar petugas medis bisa memberikan tindakan yang tepat. Jawaban jujur yang anda berikan juga turut serta untuk melindungi para petugas medis yang selama ini berada di garda terdepan dalam penanggulangan virus corona. Dengan memberikan pertanyaan dengan jujur pula, anda bisa melindungi keluarga di rumah dari bahaya covid 19 yang sudah mulai menyebar secara luas.

5. Segera Pulang Ketika Selesai Berobat

Jika anda sudah selesai berobat, maka anda harus segera pulang untuk menghindari penularan virus yang berbahaya. Pastikan jika anda tidak menghampiri kerumunan sehingga tidak memiliki resiko terkena virus corona. Selain itu selalu proteksi diri dengan menggunakan masker, membawa hand sanitizer dan menjaga jarak dengan kerumunan di satu tempat. Dengan begitu, maka anda bisa terhindar dari bahaya virus corona.

Menjaga kesehatan di masa pandemi memang sangat penting dilakukan. Pasalnya jika tubuh anda kurang sehat, maka sangat rawan terkena virus corona. Yang tak kalah penting anda harus tetap memproteksi diri dengan menggunakan masker sehingga terhindar dari bahaya virus. Dengan memproteksi diri, maka anda ikut berkontribusi untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Leave a Reply