4P Marketing yang Perlu Diterapkan dalam Bisnis

Marketing atau pemasaran adalah suatu kegiatan vital yang menunjang segala aktivitas dalam dunia bisnis. Melalui pemasaran, barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dapat dikenal oleh masyarakat. Pemasaran yang baik dapat meningkatkan penjualan sehingga perusahaan dapat meraih keuntungan maksimal. Akan tetapi, banyak yang belum mengetahui mulai merintis bisnis. Yuk simak ulasan 4P marketing yang menjadi tonggak awal menjalankan bisnis di sini.

Patokan Awal Strategi Pemasaran untuk Memulai Bisnis

Strategi pemasaran sangat dibutuhkan baik oleh perusahaan besar maupun kecil. Melalui setiap elemen strategi pemasaran ini, UKM dapat mengokohkan bisnis yang dirintisnya. Memasarkan suatu produk dapat ditempuh dengan berbagai cara, salah satunya dengan strategi pemasaran 4P. Keempat cara ini saling memperkuat dan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Pada zaman milenial ini dibutuhkan cara memasarkan produk sesuai sasaran, berikut ulasannya.

1. Product (Produk)

Elemen yang perlu diperhatikan pertama kali adalah produk. Produk yang ditawarkan harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga dapat diterima dan laku dijual di masyarakat. Dalam memulai bisnis baru, pebisnis dapat melakukan riset untuk mengetahui keinginan atau kebutuhan masyarakat, sehingga dapat ditarik produk yang akan dipasarkan dan pangsa pasar yang dituju. Tentunya pebisnis sudah memiliki target penjualan dengan rentang usia yang ideal.

4P Marketing ini Product (Produk)

Dalam mengembangkan bisnis yang telah dijalankan beberapa waktu, pebisnis dapat mengembangkan atau melakukan inovasi terhadap produk yang dimiliki. Kemudian meminta kritik dan saran dari pelanggan sebagai bahan evaluasi perusahaan ke depannya. Selain itu, pebisnis juga dapat meningkatkan kualitas produk yang dimiliki. Langkah ini dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan atau UKM yang dimiliki.

2. Price (Harga)

Perusahaan yang dijalankan tentu memiliki kompetitor dengan produk dan pangsa pasar yang serupa. Oleh karena itu, harga menjadi suatu hal yang penting dan sensitif dalam dunia bisnis karena pelanggan dapat membandingkan harga dengan kompetitor terkait. Sebaiknya pebisnis dapat memasang harga yang masuk akal dengan menyesuaikan produk yang ditawarkan. Harga yang ditawarkan dapat ditentukan dengan cara menghitung HPP dan profit yang pebisnis inginkan.

3. Place (Tempat)

Strategi pemasaran yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah tempat yang dipilih untuk mendirikan sebuah perusahaan. Lokasi yang dipilih harus masuk kriteria yang cocok untuk sebuah usaha, seperti di tempat keramaian yang dilalui banyak orang dan strategis. Pelanggan akan tertarik dengan perusahaan yang berada di tempat yang mudah dijangkau. Akses untuk menuju tempat usaha pun harus diperhatikan agar pelanggan dengan kendaraan umum tidak kesulitan.

4. Promotion (Promosi)

Strategi pemasaran yang terakhir adalah dengan cara promosi. Promosi merupakan cara untuk memperkenalkan produk kepada orang lain yang dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti memasang iklan di radio atau televisi, kerja sama sponsorship atau promosi berbayar, memanfaatkan influencer yang dapat mempersuasi pengikutnya melalui media sosial (Instagram, twitter, youtube, dan lainnya), dan mengikuti bazar.

Promotion (Promosi) 4P Marketing

Promosi yang baik dapat meningkatkan penjualan produk sehingga mendatangkan laba untuk perusahaan terkait. Strategi pemasaran keempat ini juga ditunjang dengan sumber daya manusia yang mumpuni. Tentunya tidak semua orang dapat mempromosikan suatu produk dengan cara mempersuasi orang lain agar tertarik dengan produk yang ditawarkan. Diperlukan sumber daya yang ahli di bidang ini sehingga mendatangkan keuntungan yang besar.

Keempat strategi pemasaran dapat diterapkan pada perusahaan besar ataupun perusahaan kecil. Setiap usaha memiliki strategi pemasaran yang berbeda-beda, tentunya setelah melalui segala proses trial and error. Bagi pebisnis yang masih merintis usaha dari nol, tidak perlu mengikuti standar bisnis orang lain. Pebisnis cukup fokus mengembangkan bisnis dan melakukan riset untuk menemukan strategi pemasaran yang tepat dapat mengembangkan bisnis yang dimiliki.

Leave a Reply