4 Manfaat Testimoni Untuk Calon Konsumen, Pengusaha Wajib Tahu

Persaingan bisnis online saat ini semakin ketat, sehingga mendorong pelaku usaha untuk kreatif dalam memasarkan produknya. Untuk meyakinkan produk yang dijual, para pengusaha menjalankan strategi pemasaran dengan menggunakan kesaksian konsumen untuk mendapatkan pelanggan baru. Kebanyakan dari konsumen pasti akan lebih percaya dengan suatu produk setelah melihat testimoni dari konsumen sebelumnya.

Manfaat Kesaksian Pelanggan Untuk Calon Konsumen

1. Menumbuhkan Kepercayaan Calon Pembeli

Kesaksian pelanggan sebelumnya ini biasanya lebih dapat dipercaya. Karena sudah pasti hal tersebut berasal dari pengalaman konsumen terhadap suatu produk yang telah dibeli. Testi yang dipasang di website maupun media sosial secara tidak langsung akan menumbuhkan kepercayaan calon konsumen. Sehingga akan membuat konsumen tertarik untuk berbelanja di toko anda.

Manfaat Testimoni Untuk Calon Konsumen Arti Testimoni

Testi diperlukan agar bisnis bisa berkembang dan maju. Karena dengan kesaksian dari para pelanggan pastinya akan menarik calon konsumen. Testi yang positif dari pelanggan sebelumnya akan meningkatkan reputasi baik seorang pengusaha atau penjual. Jika sudah begitu, tentunya para calon pembeli pastinya tertarik dan percaya untuk bertransaksi.

2. Sebagai Bahan Untuk Beriklan

Manfaat lain dengan adanya testi ini adalah dapat digunakan untuk mengiklankan produk ke media yang lain. Bukti kesaksian pelanggan yang positif dan real akan memberikan dampak yang besar dalam memasarkan sebuah produk. Testi ini biasanya dikirim oleh konsumen sebelumnya di pesan WhatsApp atau media sosial lainnya. Ada berbagai bentuk testi yang perlu anda tahu.

Sebut saja seperti screenshot chat, video ulasan, ulasan artikel, update status media sosial, atau cara yang lainnya. Semua bukti pesan dari pelanggan ini dapat anda jadikan bahan iklan yang menarik. Anda dapat membagikan bukti tersebut di website maupun media sosial yang anda miliki. Dengan begitu akan menambah kepercayaan pelanggan untuk menggunakan barang atau jasa yang anda tawarkan.

3. Sebagai Bahan Untuk Evaluasi

Biasanya, pesan-pesan testimoni kiriman para pelanggan sebelumnya berisi dengan kritik maupun saran yang membangun. Selain testi yang bersifat positif, biasanya ada juga konsumen yang memberikan testi yang negatif. Sebagai penjual yang profesional, anda tentunya harus menanggapi testi yang masuk dengan baik. Hal ini dapat menjadi salah satu pemicu untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.

Terkadang ada pula konsumen yang puas dengan produk yang anda jual, namun karena layanan kiriman yang tidak tepat waktu biasanya membuatnya kecewa dan memberi testi negatif. Testi seperti ini tidak selalu buruk, justru dengan hal tersebut anda tahu kekurangan dari bisnis anda. Sehingga dapat anda menjadikan bahan untuk perbaikan-perbaikan pada bisnis yang diperlukan di masa depan.

4. Membangun Citra Positif

Dengan memanfaatkan bukti kesaksian dari pelanggan, anda dapat membangun citra positif dari produk yang ditawarkan. Anda dapat menampilkan berbagai testi yang biasanya menonjolkan keunggulan produk anda. Hal tersebut dapat menjadi pendukung dari pernyataan keunggulan produk yang anda jabarkan di website maupun media sosial.

Manfaat Testimoni Untuk Calon Konsumen

5. Mendapatkan Keuntungan Ganda

Jika konsumen yang membeli atau menggunakan produk yang anda jual berasal dari perusahaan maupun instansi tertentu, pastinya keuntungan ganda akan anda dapatkan. Yang pertama, akan menegaskan bahwa produk yang anda miliki berkualitas dan bermanfaat. Kedua, sebagai bukti bahwa produk tersebut digunakan oleh orang penting.

Jika testi ini datang dari kalangan pelanggan tersebut, dapat dipastikan akan semakin menarik calon konsumen. Para calon pembeli juga akan senang jika disandingkan dengan para pelanggan penting lainnya. Dengan memberi testi, secara tidak langsung konsumen juga ikut beriklan di website anda. Hal tersebut akan menjadi keuntungan semua pihak.

Kesaksian kepuasan konsumen tentang suatu produk yang digunakan memang sangat bermanfaat. Terutamanya bagi para pengusaha online agar dapat menarik dan meyakinkan calon konsumen yang baru. Maka dari itu, setiap testi yang didapatkan harus disikapi dengan baik, meskipun itu testi yang bersifat negatif. Pasalnya setiap testi akan membantu untuk membentuk perusahaan agar lebih baik.

Leave a Reply