4 Cara Menentukan Harga Jual Produk Yang Wajib Diketahui Pemula

Persoalan menentukan harga jual produk memang jadi hal yang tidak mudah. Bagi para pemula khususnya, hal ini akan berdampak pada perolehan penghasilan usaha. Maka dari itu, menetapkan harga yang tepat adalah kunci utama jika anda usaha ingin terus berkelanjutan. Untuk itu, berikut ini adalah cara menentukan harga jual produk bagi para pemula yang ingin memulai bisnis sendiri.

4. Cara Menetapkan Harga Jual Produk Anda Dengan Tepat

1. Menghitung Bahan Baku Produksi

Membuat sebuah produk tentunya memerlukan bahan baku untuk produksi. Bahan baku dijadikan sebagai modal utama untuk menghitung harga pokok dalam menjual suatu produk. Jika anda ingin mengetahui keuntungan yang anda dapatkan, anda juga bisa menggunakan cara ini dalam perhitungan. Untuk menentukanya, dapat dilihat dari berapa banyak bahan baku yang anda gunakan.

cara menentukan harga jual produk ini

Langkah awal yang bisa digunakan adalah memulai perhitungan dari biaya masing-masing bahan baku yang digunakan, lalu menjumlahkan keseluruhanya. Agar dapat membuat harga produksi menjadi efisien, anda bisa membeli bahan baku dalam jumlah banyak sekaligus. Hal ini bertujuan untuk menekan biaya produksi. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menentukan total banyaknya bahan baku saat produksi.

2. Menghitung Upah Waktu dan Tenaga

Untuk membuat sebuah produk, mestinya memerlukan sebuah proses, waktu dan tenaga. Maka anda harus memperhatikan perhitungan yang tepat sampai produk siap dipasarkan. Anda harus meninjau langkah-langkah apa saja yang perlu disiapkan supaya produk layak ditangan konsumen. Untuk itu, berapa lama waktu yang diperlukan agar produk itu siap dipasarkan? Berapa upah yang diberikan bagi orang yang melakukan pekerjaan tersebut?

Hal-hal tersebut harus anda pastikan jika baru memulai bisnis. Sebagai contoh, jika anda pemula, maka anda melakukan proses produksi sendiri. Anda bisa menentukan upah untuk diri anda sendiri, misalnya untuk perjamnya anda menghitung Rp. 5000 setiap proses produksi. Lalu setelah anda coba, ternyata anda memerlukan waktu dua jam untuk satu produk. Artinya, untuk menghasilkan setiap produk anda butuh Rp 10.000 sebagai beban waktu dan tenaga.

3. Menghitung Operasioanal Lainnya

Selain mengeluarkan biaya untuk bahan baku dan upah, yang harus anda perhatikan adalah biaya operasional lainnya seperti biaya transportasi atau biaya promosi. Agar perhitungan anda akurat dan tepat, anda harus merencanakan berapa banyak produk yang akan dibuat. Anda bisa menghitung keseluruhan biaya operasional yang diperlukan dibagi dengan jumlah produk yang akan diproduksi.

cara menentukan harga jual produk Tips Menentukan Harga Produk Featured

Biaya operasional masuk dalam biaya tetap atau bisa disebut juga fixed cost. Sebagai pemula lebih baik jika anda fokus pada investadi di biaya gaji buruh, dan bahan baku. Disamping itu perkecil pengeluaran biaya tetap seperti sewa, biaya listrik, air, telepon dan lainya. Biaya operasional biasanya bisa dikecualikan dan dimasukkan ke beban biaya dalam laporan yang anda buat.

4. Menentukan Harga Sesuai Target Margin

Setelah anda menghitung semua biaya tetap dan produksi, langkah berikutnya adalah menentukan harga produk untuk dijual. Memang cara menentukan harga jual produk tidak ada rumus bakunya. Hal ini karena tergantung dari target keuntungan yang ingin anda peroleh. Namun sebagai referensi, anda bisa melihat harga kompetitor di pasaran untuk menetapkan target konsumen dan harga produk.

Maka dari itu, menghitung biaya produksi menjadi aspek yang sangat penting untuk menetapkan haraga jual barang. Tentunya hal ini menjadi sangat bermanfaat untuk meminimalisir kerugian yang anda dapatkan dan meningkatkan keuntungan produk penjualan anda. Setelah anda mengetahui cara menghitung biaya-biaya produksi ini, tentu anda akan terbebas dari kekhawatiran merugi.

Leave a Reply