4 Alasan Mengapa Mencuci Tangan Penting Bagi Kesehatan

Gerakan mencuci tangan menjadi kegiatan yang akhir akhir ini kembali marak disosialisasikan sebenarnya sudah harus menjadi kebiasaan sejak dulu. Dengan munculnya virus Corona, membuat kegiatan 6 langkah cuci tangan harus disadari oleh masyarakat. Banyak orang yang masih belum menyadari jika mencuci tangan akan membuang waktu dan tidak penting. Untuk membuat anda tidak malas mencuci tangan, yuk simak alasan harus rajin cuci tangan berikut.

4 Alasan Cuci Tangan Merupakan Kunci Penting Menjaga Kesehatan

1. Kuman dan Virus Menjadi Sumber Penyakit

Proses perpindahan kuman dan juga virus bisa terjadi sangat cepat. Perpindahan ini bisa terjadi antara manusia ke manusia hingga benda yang sudah terkotaminasi. Hal ini terjadi pada virus Corona yang perpindahannya bisa melalui benda yang atau bersentuhan. Sehingga mencuci tangan bisa menjadi pencegahan agar virus, kuman maupun bakteri tidak sampai masuk ke dalam tubuh. Karena jika sudah masuk akan mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Sakit ada gangguan lainnya menjadi reaksi tubuh akan adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus ataupun kuman. Inilah mengapa mencuci tangan menjadi penting agar anda bisa meminimalisir perpindahan kuman tersebut. Jangan hanya karena merasa bersih kemudian enggan cuci tangan. Kuman maupun virus yang tertinggal di tangan inilah yang bisa dibunuh dengan 6 langkah cuci tangan dengan menggunakan sabun.

2. Anda Tidak Bisa Melihat Kuman

Kuman maupun virus tidak kasat mata sehingga kita sering merasa bahwa tangan sudah bersih. Sebagai microscopic anda hanya bisa melihat kuman maupun virus edngan menggunakan alat bantu. Meskipun anda tidak bisa melihatnya, bukan berarti tangan kita tidak ada virus maupun kuman. Justru mikroorganisme ini bisa menyemar kemana mana tanpa kita sadari. Dan bisa semakin menyebar jika barang yang kita pegang dipegang orang lain.

mau tau 6 Langkah Mencuci Tangan yang Benar

Bukan hanya dari kontak melalui benda, aktivitas lain juga bisa menimbulkan kuman tertinggal pada tangan kita. Seperti misalnya batuk, bersin hingga melakukan kontak langsung dengan hewan. Untuk itu sangat penting bagi kita menyadari bahwa cuci tangan secara rutin itu dibutuhkan. Tidak hanya untuk menjaga kebersihan, cuci tangan cegah virus Corona maupun yang lainnya karena mereka tidak terlihat dan ada dimana mana.

3. Murah

Menjaga kebersihan tangan memang bisa dilakukan dengan penggunaan hand saniter. Namun cuci tangan tetap masih lebih efektif dan juga lebih murah. Anda tidak membutuhkan banyak biaya untuk melakukan kegiatan yang bisa membantu menjaga kesehatan ini. Hanya perlu menyiapkan air mengalir serta sabun anda sudah bisa mencegah berbagai macam penyakit. Untuk itu tidak ada alasan untuk sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

mau tau Handwashing 6 langkah cuci tangan

4. Mencegah Kuman atau Virus Menyebar

Mencuci tangan merupakan cara yang efektif untuk membuat tubuh tetap sehat. Mengingat tangan menjadi anggota tubuh yang paling sering digunakan. Bahkan kita kadang menyentuh anggota badan lainnya yang bisa membuat kuman cepat menyebar. Apabila teknik mencuci tangan sudah benar, maka kuman maupun virus bisa dibersihkan dan dihalangi. Inilah mengapa cuci tangan cegah virus Corona penting agar tidak semakin menyebar.

Tangan yang terjaga kebersihannya tidak akan menjadi media penyakit masuk ke dalam tubuh. Untuk itu kesadaran mencuci tangan ini sangat penting untuk dilakukan. Selain ketika akan makan dan sebelum makan, aktivitas lain juga tetap harus sering cuci tangan menggunakan sabun. Apalagi setelah bersentuhan dengan benda benda yang digunakan untuk umum. Cuci tangan juga tidak bisa dilakukan asal asalan dan harus dengan benar.

Leave a Reply